Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum

Adab Makan dan Minum
Adab Makan dan Minum

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ketika kita sedang makan dan minum harus memperhatikan adab yang baik seperti dicontohkan Rasulullah. Ketentuan ini berlaku umum, baik ketika kita sedang makan sendiri maupun bersama orang lain. Berikut ini beberapa adab yang penting untuk kita perhatikan.

Tidak Berlebihan

Seperti yang berlaku untuk semua aktivitas yang lain, kita dilarang berlebihan.Ketika makan dan minum kita juga dilarang berlebihan. Rasulullah bahkan memerintahkan kita agar makan setelah merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang. Kita dilarang makan dan minum dengan berlebihan. Perhatikan ayat berikut. Kuluwasyrabu innahu la yuhibbul musrifin. Artinya: . . . makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebihlebihan. (Q.S. al‘Araf [7]: 31)

Bersegera Makan jika Sangat Lapar

Jika kamu telah siap menikmati hidangan, tetapi berkumandang azan, manakah yang perlu kamu dahulukan? Terlebih dahulu kita perlu menyimak hadis yang artinya: ”Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, ’Jika telah disediakan makanan dan telah diiqamati salat, maka dahulukan makan.” Dengan penjelasan hadis di atas, kita dianjurkan mendahulukan makan. Tujuannya agar kita bisa lebih khusyuk ketika salat. Akan tetapi, jika kita tidak terlalu lapar dan merasa dapat khusyuk salatnya, lebih baik mengakhirkan makannya.

Tidak Duduk Bersandar Rasulullah

selalu makan sambil duduk tidak bersandar. Cara duduk bersandar tidak baik bagi kesehatan karena dapat merusak lambung. Kita juga dilarang makan sambil berbaring atau menyandarkan kepala.

Dibolehkan Mengangkat Piring

Makanan Kita dibolehkan mengangkat piring untuk memudahkan menikmati makanannya. Akan tetapi, kita harus melakukannya dengan sopan. Porsi makan hendaknya tidak berlebihan.
Adab-adab yang ada di atas penting untuk kita perhatikan ketika sedang makan dan minum. Jika adab-adab tersebut telah terpenuhi
.
Itulah adab-adab yang baik ketika sedang makan dan minum, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…dan semoga artikel ini juga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai refrensi bagi yang membutuhkan dan semoga berguna, Terimakasih

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/bacaan-teks-khutbah-nikah-bahasa-arab-latin-dan-terjemahannya/