ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Analisa laporan keuangan (Financial Statement Analysis) adalah suatu aplikasi dari suatu alat dan teknik analisis untuk laporan keuangan, yang bertujuan umum pada data-data yang berkaitan guna untuk menghasilkan kesimpulan akhir yang memberikan banyak manfaat.

Pengertian Laporan Keuangan

 

Laporan keuangan merupakan suatu alat yang penting untuk mengetahui hasil akhir dari proses pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan, yang berupa suatu ringkasan-ringkasan transaksi keuangan, informasi-informasi keuangan yang terjadi pada saat periode tahun yang bersangkutan. Dengan membuat laporan keuangan, perusahaan mendapatkan informasi yang sehubungan dengan posisi keuangan serta hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan.

Tujuan Analisa Laporan Keuangan

 

Faktor utama untuk mendapat perhatian dari para penganalisa :

> Likuiditas ; menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban pada saat jatuh tempo.

Kewajiban perusahaan ada 2 yaitu ; kewajiban keuangan yang berkaitan dengan pihak luar perusahaan (likuiditas badan usaha), dan kewajiban keuangan yang berhubungan dengan proses produksi (likuidasi perusahaan).

> Solvabilitas ; memperlihatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

> Profitability ; menunjukan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan selama beberapa periode.

 Stabilitas Usaha ; menunjukan kemampuan perusahaan untuk melakukan suatu usaha dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan dalam membayar beban hutang dan beban bunga pada saat jatuh tempo.

 

Tujuan dan manfaat laporan keuangan :

 

@ Dalam laporan keuangan harus menyajikan informasi yang dapat membantu para invesment  serta pengguna lainnya yang potensial dalam membuat keputusan sejenis secara lebih rasional.

@ Dalam laporan keuangan harus selalu menyajikan informasi-informasi yang dapat membantu para invesment dalam memperkirakan jumlah waktu serta ketidakpastian penerimaan kas pada masa yang akan datang dari pembayaran bunga dan pendapatan yang dihasilkan dari penjualan barang dagang.

@ Dalam laporan keuangan harus menampilkan informasi yang berkaitan dengan ketersediaan sumber modal perusahaan.

@ Dalam laporan keuangan wajib menyajikan informasi mengenai prestai-prestasi perusahaan selama satu periode. Karena para invesment biasanya selalu menggunakan informasi tersebut untuk menaksir prospek perusahaan.

Berikut pihak-pihak yang memanfaatkan laporan keuangan, sbb :

* Investor ; mereka membutuhkan beberapa informasi untuk menentukan membeli atau menjual investasi tersebut.

Karyawan ; mereka tertaik dengan informasi yang mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan kesempatan kerja.

* Pemberi pinjaman ; mereka tertarik dengan informasi keuangan untuk memutuskan apakah pinjaman beserta bunga dapat dibayarkan pada saat jatuh tempo.

* Pemasok dan kreditor ; mereka tertarik pada suatu informasi guna untuk memutuskan jumlah yang terhutang serta tenggang waktu yang diberikan.

* Pelanggan ; pelanggan berkepentingan dengan informasi kelangsungan hidup perusahaan.

Pemerintah ; berkepentingan dengan alokasi sumber daya, aktivitas perusahaan, menetapakan kebijakan pajak, dan menyusun statistik pendapatan nasional.

* Masyarakat ; perusahaan mempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai macam cara.

  • Tahap-tahap analisa laporan keuangan

 

– Harus benar-benar memahami laporan keuangan tersebut

– Mampu menunjukan gambaran aktivitas-aktivitas dalam perusahaan.

 Mengetahui latar belakang dari mana sumber data keuangan tersebut.

 Memiliki kebijakan serta kemampuan yang cukup dalam mengambil keputusan.

  • Metode dan Teknik-teknik analisa

 

Analisa laporan keuangan terdiri dari pembelajaran atas hubungan antara menentukan posisi keuangan, hasil operasi serta perkembangan perusahaan itu sendiri.

Metode dan teknik analisa digunakan untuk mengukur hubungan antara sumber-sumber yang ada dalam laporan tersebut, sehingga dapat diketahui perubahan yang terjadi dari masing-masing sumber tersebut. Tujuan dari metode dan teknik analisa adalah untuk menyederhanakan data sehingga bisa lebih dipahami dan dimengerti.

Berikut ada dua metode yang digunakan untuk menganalisa laporan keuangan yaitu ;

Analisa horizontal ; analisa yang mengunakan laporan keuangan beberapa periode sehingga dapat diketahui perkembangannya (metode analisa dinamis )

> Analisa vertikal ; laporan keuangan yang dianalisa hanya meliputi satu periode dengan perbandingan antara sumber yang satu dengan beberapa sumber yang lain pada laporan keuangan tersebut. Sehingga yang dapat diketahui hanya keadaan keuangan pada saat itu saja (metode analisa statis)

  • Teknik dan analisa yang digunakan dalam laporan keuangan

 

Analisa perbandingan yaitu metode dan teknik dengan membandingkan laporan keuangan untuk dua periode atau lebih dengan menunjukkan ; pertama, data jumlah uang dengan rupiah, kenaikan/penurunan jumlah uang dalam rupiah, serta prosentase dari seluruh total.

@ Laporan dengan prosentase per komponen yaitu metode analisa untuk mengetahui prosentase investasi pada masing–masing aktiva terhadap total aktivanya.

@ Analisa Sumber dan Penggunaan Modal Kerja adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber–sumber serta penggunaan modal kerja atau sebab– sebab terjadinya perubahan modal kerja dalam suatu periode.

@ Analisa Sumber dan Penggunaan Kas adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab–sebab berubahnya jumlah uang kas atau untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan uang kas selama periode tertentu.

@ Analisa rasio adalah metode untuk mengetahui hubungan dari sumber-sumber tertentu dalam neraca atau laporan laba rugi secara individu atau kombinasi dari keduanya.

@ Analisa Perubahan Laba Kotor adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab–sebab perubahan laba kotor suatu perusahaan dari periode ke periode yang lain.

@ Analisa Break Even adalah suatu analisa untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menderita kerugian, tetapi juga belum memperoleh keuntungan. Dengan analisa break even akan diketahui tingkat keuntungan atau kerugian untuk setiap tingkat penjualan.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11144-pengertian-akuntansi-menurut-para-ahli