Asas Utama Pembelajaran Quantum Teaching

Asas Utama Pembelajaran Quantum Teaching

Menurut De porter. B (2004), asas utama quantum teaching adalah “bawalah dunia mereka kedunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka”. Dari asas utama ini, dapat disimpulkan bahwa langkah awal yang harus dilakukan dalam pengajaran yaitu mencoba memasuki dunia yang dialami oleh peserta didik. Cara yang dilakukan seorang pendidik meliputi: untuk apa mengajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, musik, seni, rekreasi atau akademis mereka. Setelah kaitan itu terbentuk, maka dapat membawa mereka kedalam dunia kita dan memberi mereka pemahaman mengenai isi dunia itu. “Dunia kita” dipeluas mencakup tidak hanya para siswa, tetapi juga guru. Akhirnya dengan pengertian yang lebih luas dan penguasaan lebih mendalam, siswa dapat membawa apa yang mereka pelajari kedalam dunia mereka dan menerapkannya pada situasi baru.

 Model Pembelajaran Quantum Teaching

Menurut De porter, B (2004), quantum  teaching mempunyai dua bagian penting yaitu dalam seksi konteks meliputi (1) lingkungan, (2) suasana, (3) landasan, dan (4) rancangan . sedangkan isi  mencakup masalah (penyajian yang prima, fasilitas yang luwes, keterampilan belajar untuk belajar, dan keterampilan hidup).

Dalam konteks guru dituntut harus mampu mengubah : 1) suasana yang memberdayakan untuk kegiatan PBM, (2) landasan yang kukuh untuk kegiatan PBM , (3) lingkungan yang mendukung PBM, dan (4) rancangan pembelajaran yang dinamis. Sedangkan dalam isi pembelajaran dan strategi yang dibutuhkan siswa unutk bertanggung jawab atas apa yang dipelajarinya.

sumber :
https://robinschone.com/seva-mobil-bekas/

Close
Menu