Asbabun Nuzul Surah Al-An’am Berdasarkan Para Ulama Mahir Tafsir

Asbabun Nuzul Surah Al-An'am Berdasarkan Para Ulama Mahir Tafsir

Asbabun Nuzul Surah Al-An’am Berdasarkan Para Ulama Mahir Tafsir

Asbabun Nuzul Surah Al-An'am Berdasarkan Para Ulama Mahir Tafsir
Asbabun Nuzul Surah Al-An’am Berdasarkan Para Ulama Mahir Tafsir

SURAT A L – A N ‘ A M

(Binatang ternak)

Surah Al-An’am ialah salah satu surah yang terdapat dalam Al-Qu’ran, dimana surah tersebut diturunkan oleh Allah sehabis turunnya surah Al-Hijir. Surah Al-An’am diturunkan oleh Allah dengan 165 ayat yang diturunkan di Mekah. Namun dari 165 ayat tersebut ada beberapa ayat yang diurunkan di Madinah diantaranya ayat 20, 23, 91 , 93 , 114 , 141 , 151 , 152 , 153. Adapun lantaran diturunkannya surah tersebut ialah sebagai diberikut :
Para ulama mengemukakan tentang Asbabun Nuzul surah surah Al-An’am ini diantaranya :

⇰AlAufi,Ikrimah

dan Ata sudah meriwayatkan dari Ibnu Abba s, bahwa surat Al-An’am diturunkan di Mekah. Imam Tabrani mengatakan, sudah menceritakan kepada kami Ali ibnu Abdul Aziz, sudah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Minhal, sudah menceritakan kepada kami Hamma d ibnu Salamah, dari Ali ibnu Zaid, dari Yusuf ibnu Mahran, dari Ibnu Abba s yang menyampaikan bahwasurat Al-An’am diturunkan di Mekah di malam hari sekaligus, di sekelilingnya terdapat tujuh puluh ribu malaikat, tiruananya mengumandangkan tasbih di sekitarnya.

Baca Juga: Rukun Islam

⇰Sufyan AsSauri

sudah me r iwaya tkan dari Lais, dari Syahr ibnu Hausyab, dari Asma binti Yazid yang mengatakan, “Surat Al An’am diturunkan kepada Nabi S aw. sekaligus, sedangkan ketika itu saya memegang tali kendali untanya. Sesungguhnya hampi r saja surat ini mematahkan tulangtulang unta yang dinaikinya lantaran beratnya surat AlAn’am yang sedang diturunkan.”

⇰Syarik

sudah meriwayatkan dari Lais, dari Syahr, dari Asma yang menyampaikan bahwa “surat Al An’am diturunkan kepada Rasulullah Saw. ketika dia sedang dalam perjalanannya dengan diiringi oleh sejumlah besar malaikat; jumlah mereka menutupi tiruana yang ada di antara langit dan bumi” .

⇰AsSaddi

sudah mer iwayatkan dari Murah , dari Abdullah ibnu Mas’ud yang menyampaikan bahwa “surat Al An’am diturunkan dengan diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat Hal yang semisal sudah diriwayatkan pula melalui jalur lain, bersumber dari Ibnu Mas’ud .

⇰Imam Hakim

di dalam kitab Mustadrakny& menyampaikan bahwa sudah menceritakan kepada kami Abu Abdullah Muhammad ibnu Ya ‘qub AlHafiz dan Abui Fadl, yaitu AlHasan ibnu Ya’qub AlAdi; keduanya mengatakan, sudah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Abdul Wahhab AlAbdi, sudah menceritakan kepada kami Ja’far ibnu Aun, sudah menceritakan kepada kami Ismail ibnu Abdur Rahman AsSaddi, sudah menceritakan kepada kami Muhammad ibnul Munkadir, dari Jabir yang menyampaikan bahwa ketika surat Al An’am diturunkan, Rasulullah Saw. membaca tasbih, kemudian bersabda: Sesungguhnya surat ini diiringi oleh para malaikat (yang j umlahnya) menutupi cakrawala langit.

⇰Imam Hakim

mengatakan bahwa hadis ini sahih dengan syarat Imam Muslim. Abu Bakar ibnu Murdawaih mengatakan, sudah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ma’mar, sudah menceritakan kepada kami Ibrahim ibnu Durustuwaih AlFarisi, sudah menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Ahmad ibnu Mu h amma d ibnu Salim, sudah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik, sudah menceritakan kepadaku Uma r ibnu Talhah ArRaqqasyi, dari Nafi* ibnu Malik ibnu Abu Suhail, dari Anas ibnu Malik yang menyampaikan bahwa Rasulullah Saw. sudah bersabda: Surat AlAn ‘om diturunkan dengan diiringi oleh sejumlah malaikat yang banyaknya menutupi tiruana yang ada di cakrawala timur dan barat. Suara gemuruh tasbih mereka terdengar, dan bumi bergetar karenanya.
Sedangkan Rasulullah Saw. sendiri mengucapkan: Mahasuci Allah Yang Mahaagung, Mahasuci Allah Yang Mahaagung.

⇰Ibnu Murdawaih

meriwayatkan dari Imam Tabrani, dari Ibrahim ibnu Nailah, dari Ismail ibnu Uma r , dari Yusuf ibnu Atiyyah, dari Ibnu Aun, dari Nafi’, dari Ibnu Umar yang menyampaikan bahwa Rasulullah Saw. sudah bersabda: Surat AlAn ‘om diturunkan kepadaku sekaligus, dan diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat, dari mereka terdengar bunyi gemuruh karena bacaan tasbih dan tahmid.