Aspek Yang Diukur Dalam Penilaian

Aspek Yang Diukur Dalam Penilaian

  1. Kognitif, meliputi :

  2. Pengetahuan (recalling), kemampuan mengingat
  3. Pemahaman (Comprehension), kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf)
  4. Aplikasi (application), kemampuan penerapan (misalnya : menggunakan suatu informasi/pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
  5. Analisis (Analysis), kemampuan menganalisa suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (misalnya : menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
  6. Sintesis (syntesis). Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya : memformulasikan hasil penelitian di laboratorium)
  7. Evaluasi (Evaluation), kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
  8. Afektif
  9. Menerima (receiving) termasuk kesadaran, keinginan untuk menerima stimulus, respon, control dan seleksi gejala atau rangsangan dari luar.
  10. Menanggapi (responding): reaksi yang diberikan: ketepatan aksi, perasaan, kepuasan dll.
  11. Menilai (evaluating): kesadaran menerima norma, sistem nilai dll.
  12. Mengorganisasi (organization): pengembangan norma dan nilai organisasi sistem nilai
  13. Membentuk watak (characterization): sistem nilai yang terbentuk mempengaruhi pola kepribadian dan tingkah laku
  14. Psikomotor

Psikomotor merupakan tindakan seseorang yang dilandasi penjiwaan atas dasar teori yang dipahami dalam suatu mata pelajaran.

Ranah psikomotor :

  1. Meniru (perception)
  2. Menyusun (Manipulating)
  3. Melakukan dengan prosedur (precision)
  4. Melakukan dengan baik dan tepat (articulation)
  5. Melakukan tindakan secara alami (naturalization)

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/tengkorak-kuno-papua-nugini-diduga-milik-korban-tsunami-tertua/

 

Close
Menu