Atap Lengkung

Atap Lengkung

Atap rumah kini memiliki banyak bentuk, mulai dari atap datar, atap melengkung, bergelombang, bahkan yang patah.

Kali ini saya akan berbicara tentang atap melengkung. Lebih tepatnya, saya sarankan beralih ke model atap melengkung.

Apa yang dimaksud dengan atap yang bengkok?

Atap jenis ini merupakan bahan yang terbuat dari seng-aluminium yang merupakan campuran aluminium dan seng. Fungsi aluminium adalah kemampuannya untuk menahan karat, dan seng adalah kekuatan materialnya.

Atap ini juga cocok untuk penggunaan hunian, caranya adalah dengan menggunakan atap datar sederhana dan kemiringan yang ditentukan.

Terlebih lagi, atap ini juga bisa diwarnai sesuai keinginan. Ini bisa membuat bangunan lebih menarik.
Bahan atap melengkung

Pemilihan material tergantung selera penghuninya, namun tetap harus memperhatikan prinsip dasar desainnya yaitu harus kuat, akurat, cukup ringan dan tidak terlalu besar. Atap yang kokoh harus mampu menahan beban berat pada elemen struktur atap.

3 jenis beban yang bekerja pada atap, yaitu:

Beban mati (bahan rangka, penyangga rangka, penutup atap)
Beban angin tekan dan angin hisap
Beban angin bergerak lainnya (bahan rangka, penyangga dan pemeliharaan rangka).

Pemilihan material tertentu harus dibarengi dengan pengetahuan yang lengkap tentang karakteristik yang lengkap.
Jenis atap melengkung

Di bawah ini kita akan membahas jenis-jenis atap lengkung.

Cirve & Crimp, saat ini terdapat 2 jenis atap lengkung yaitu tipe 680 dan 750.
Atap Seanding Seam tidak memerlukan paku saat pemasangan, karena hanya perlu dilipat di bagian ujung. Untuk tipe ini, Anda harus memiliki ketelitian dan keterampilan khusus.
Atap tanpa rangka, karena tidak memerlukan rangka, maka atap ini dapat meminimalisir penggunaan bahan lain, sehingga dapat menekan biaya.

Di manakah penggunaan terbaik dari atap melengkung?

Jenis atap ini sangat cocok digunakan pada gedung-gedung besar seperti bandara, lapangan futsal, gudang, pabrik, bahkan stadion.

Bahkan, atap lengkung ini bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Mungkin dalam bentuk siku yang bengkok dan bergelombang atau bahkan siku patah.
Ukuran atapnya melengkung

Biasanya atap ini memiliki ketebalan 1 mm atau lebih. Untuk atap melengkung tidak disarankan menggunakan atap ini dengan tebal kurang dari 1 mm. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa dengan penggunaan lebih lanjut, atap ini akan dijahit dengan sistem jahitan. Apa itu jahitan? Jahitan adalah sejenis perlengkapan yang menahan rusuk di setiap ujung atap yang akan dipasang.

Sedangkan untuk bahan atap melengkung, berikut contohnya:

Atap lengkung zincalum

Bahan Galvalume atau zinc aluminium adalah lapisan dilapisi yang terbuat dari campuran seng dan aluminium. Dengan mencampurkan seng dan aluminium dengan warna, Anda mendapatkan bahan yang lebih tahan lama dan lebih artistik.

Pemilihan atap lainnya: tubaguskencanaarsitek.co.id

Atap lengkung Galvalume

Atap lengkung Galvalume yang inovatif membuat atap Anda terlihat lebih cantik dan kuat karena tidak ada sambungan di sepanjang atap. Cocok untuk gudang rumah, lapangan futsal, atap ruko, carports, dll.

Close
Menu