Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Dan Tahapan Ala Blitar Jawa Timur

Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Dan Tahapan Ala Blitar Jawa Timur

Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Dan Tahapan Ala Blitar Jawa Timur

Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Dan Tahapan Ala Blitar Jawa Timur
Cara Budidaya Ikan Koi Blitar Dan Tahapan Ala Blitar Jawa Timur
Saat sebelum menjawab pertanyaan ini , kita bakal bahas sedikit tentang ikan koi. Ikan koi yaitu sejenis ikan karper atau ikan mas dengan nama ilmiah cyprinus caprio. Dihasilkan berdasar pada perkawinan silang pada beragam jenis model ikan mas. Untuk Ikan koi sendiri pertama kalinya dipopulerkan di negara Jepang. Untuk di Indonesia sendiri , ikan ini telah popular mulai th. 1960. Meskipun saat ini banyak yang menyangsikan kwalitas ikan koi lokal , tetapi perubahan usaha budidaya ikan koi Blitar makin berkembang cepat. Terutama di daerah tersebut , yaitu Blitar Jawa Timur.
Budidaya ikan koi Blitar ini sesungguhnya tidak sedemikiansusah buat di kerjakan. Tahapan yang dilakukan juga sama dengan waktu membudidayakan sejenis ikan mas. Terdapat banyak tahapan cara budidaya Blitar yang dapat Anda kerjakan seperti dibawah ini :

Pertama Penentuan Indukan Koi

Terutama Dulu Untuk memperoleh product ikan koi yang berkwalitas dari turunan indukannya , pasti kita harus pilih indukan yang berkwalitas juga. Umumnya indukan ikan yang berkwalitas dipunyai tiap-tiap penghobi maupun penangkar ikan. Bila Anda terasa kebingungan pilih indukan ikan ini , terdapat banyak ciri yang harus dipenuhi oleh indukan ikan koi yang bakal Anda budidayakan , sebagai berikut ini :

Ciri-ciri Indukan Ikan Koi Yang Bagus

  1. Mempunyai model berenang yang seimbang serta tenang.
  2. Ikan telah berumur cukup matang , yaitu berumur 2 th. lebih.
  3. Bentuk badan ikan ideal , dari mulai atas yang tampak seperti torpedo.
  4. Memiliki model yang mendekati atau sama , misalnya model kohaku dengan model kohaku lagi.
  5. Mempunyai warna yang kontras serta cemerlang.
  6. Indukan tampak sehat dengan gerakannya yang demikian gesit.
  7. Indukan betina koi serta jantan telah matang gonad.

Pemeliharaan Indukan Koi

Bagian dari cara budidaya ikan bawal Blitar selanjutnya yaitu dengan pelihara indukan koi. Mengenai calon indukan yang akan dipelihara baiknya di masukkan pada kolam spesial. Kolam yang dipakai sendiri memiliki ukuran kurang lebih 150 cm dengan kepadatan yang sesuai. Buat kolam yang mempunyai ukuran 4×5 m selanjutnya Anda dapat isi kira-kira optimal 40 ekor untuk indukan jantan serta 20 ekor untuk indukan betina. Yakinkan indukan jantan serta betina dipelihara pada model kolam berbeda. Pakan yang Anda tambahkan dapat berupa pelet yang memiliki ukuran sebesar 8 mm. Mengenai jumlah pakan kira-kira 3 hingga 5 persen yang didapatkan dari berat badan ikan sepanjang 1 hari. Dengan frekwensi pemberian sejumlah 2-4 kali.

Bagian Pemijahan Indukan Ikan Koi

Langkah budidaya ikan koi Blitar setelah itu yaitu lewat langkah pemijahan. Ada banyak hal utama yang harus Anda cermati pada bagian pemijahan ini , dari mulai tempat pemijahan , sistem pemijahan , penetasan larva serta pendederan.

Penyortiran Ikan Calon Bibit

Bagian paling akhir yakni adalah bagian penyortiran ikan untuk mengambil keputusan nilai jual ikan koi. Dimana , bila ikan itu mempunyai kwalitas baik jadi Anda dapat jual dengan harga yang lebih tinggi. Langkah penyortiran ini bisa dikerjakan saat ikan berumur 1 bln.. Bila Anda mau supaya lebih aman lagi , maka Anda dapat mengerjakannya waktu berumur 3 bln. Tersebut diatas tahapan-tahapan utama dalam cara budidaya ikan koi Blitar untuk membuahkan koi berkwalitas Baik! Bagai mana? Apakah Anda tertarik untuk Melakukannya?