Cara Mengetahui Waktu Memancing Yang Baik

Cara Mengetahui Waktu Memancing Yang Baik

Cara Mengetahui Waktu Memancing Yang Baik

Cara Mengetahui Waktu Memancing Yang Baik
Cara Mengetahui Waktu Memancing Yang Baik

Tidak hanya mengandalkan faktor keberuntungan semata, memancing pun membutuhkan perhitungan dan teknik tersendiri. Salah satunya ialah perhitungan akan waktu yang terbaik untuk memancing ikan di laut, baik di pinggir laut maupun di tengah samudera lepas. Pada dasarnya, waktu ini bekerjasama erat dengan waktu ikan-ikan beraktivitas serta mencari mangsa. Ketika ikan sedang rakus-rakusnya memburu makanan, pada ketika itulah peluang untuk mendapatkannya pun menjadi lebih besar.

Ada beberapa faktor yang mampu dijadikan pegangan dalam menentukan waktu mancing yang paling ideal, antara lain :

Faktor  Situasi dan Kondisi

Tidak dipungkiri, situasi dan kondisi terkini dari lingkungan sepot akan kuat besar terhadap perilaku ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Ikan tentu akan bergerombol keluar mencari plankton di waktu kondisi perairan sedang tenang, suhunya normal, tekanan udara agak rendah, serta tekanan angin yang cenderung tinggi. Di sisi lain, kebanyakan ikan akan bersembunyi di dasar laut ketika sedang terjadi badai, angin topan, serta hujan dengan curah yang tinggi.

Berikut ini sejumlah aspek yang harus diperhatikan dalam menilai situasi dan kondisi area pemancingan yang sempurna :

Pasang Surut

Waktu pasang dan surut air laut dipengaruhi oleh posisi matahari dan bulan. Semakin besar selisih antara pasang tinggi dan pasang rendah, semakin kuat pula arus air laut yang akan terjadi. Menariknya kecepatan arus laut ini akan menghipnotis tingkah laku ikan. Pengaruh yang lebih besar bahkan bakal terjadi manakala ternyata kedalaman laut termasuk dangkal.

Tekanan Udara

ikan hiu megalodon – Tekanan udara di suatu tempat dapat menawarkan perubahan cuaca yang akan terjadi. Ikan umumnya akan aktif berenang untuk mencari makanan ketika tekanan udaranya normal. Bahkan kecenderungan tersebut bakal meningkat pada ketika tekanan udara menurun dan cuaca mendekati mendung. Namun sebagian pemancing berpendapat bahwa faktor tekanan udara ini hanya menghipnotis perilaku ikan air sungai dan ikan air laut dangkal.

Temperatur Air

Karena berdarah dingin, kebanyakan ikan bakalan menjauh dari daerah-daerah yang mempunyai suhu yang rendah. Alasan lain yakni pada ketika suhu air berkembang menjadi dingin, kadar oksigen terlarut di dalam air akan berkurang. Untungnya dominan perairan di Indonesia mempunyai temperatur yang normal.

Kecepatan Angin

Angin yang berhembus terlalu cepat sering kali mengganggu kenyamanan kita dalam memancing. Tetapi tahukah Anda, justru pada ketika tingkat kecepatan angin ini sedang meninggi ini merupakan salah satu waktu yang terbaik untuk memancing. Hal ini dikarenakan ketika angin tengah berhembus cukup kencang ada banyak organisme-organisme air yang terhembus angin dan berkumpul di suatu titik. Nah, titik yang menjadi tempat berkumpulnya beberapa organisme tersebut merupakan sepot yang bagus.