Ciri perilaku dendam dan dengki

Ciri perilaku dendam dan dengki

Ciri perilaku dendam dan dengki

 

Ciri perilaku dendam dan dengki
Ciri perilaku dendam dan dengki

Ciri-Ciri / Tanda-Tanda Perilaku Dendam

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Perilaku dendam dapat ditunjukkan oleh ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh pelakunya. Ciri-cirinya antara lain sebagai berikut :

Tidak Pernah Merasa Tenang

dalam Menjalani Hidup Pendendam pada umumnya tidak dapat mengontrol dirinya sendiri sehingga cenderung suka marah dan menyalahkan orang lain. Terlebih jika ia melihat orang yang dibencinya berbuat kesalahan.

Mudah Tersinggung dan Enggan Menerima Kritikan Orang Lain

Pendendam tidak siap jika mendapat kritikan dari orang lain. Ia merasa apa pun yang dilakukannya selama ini benar sehingga enggan mendapat kritikan. Pendendam cenderung menyamakan antara saran, kritikan, atau masukan seperti ejekan yang dianggap melecehkan dirinya.

Suka Bersifat Dengki

Pendendam biasanya senang jika dirinya sukses dan melihat orang lain gagal. Sebaliknya, jika orang lain sukses dan dirinya gagal, merasa sangat benci sehingga terdorong untuk menggagalkannya dengan berbagai cara.

Menyibukkan Diri dengan Perbuatan yang Mubazir

Pendendam pada umumnya senang menyibukkan dirinya untuk menyusun rencana mengganggu orang yang ia benci. Orang tersebut tidak peduli jika kesibukannya telah membuang waktu dan menghilangkan harta benda miliknya.

Suka Berbuat Melampaui Batas

Pendendam dalam meluapkan kemarahannya senang berbuat yang melampaui batas. Orang tersebut tidak memiliki sifat belas kasih dan kesabaran, meskipun untuk urusan sepele.

Contoh Dan Bahayanya Sifat Pemarah / Gadab

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, kali ini saya akan member Contoh perilaku gadab, perilaku gadab dapat ditemukan dalam keseharian. Misalnya, temanmu berbuat salah kepadamu. Ketika ia meminta maaf, permohonan maaf tersebut kamu sambut dengan kemarahan. Kamu memaki bahkan mencelanya untuk membalas sakit hatimu. Gadab dapat timbul akibat beberapa perilaku atau sifat tertentu. Misalnya, sifat takabur, ujub, cinta yang berlebihan pada harta benda, dan khianat.

Jika sifat-sifat tersebut masih ada dalam hati, kemungkinan sifat gadab masih dapat muncul. Takabur dan ujub merupakan perilaku tercela yang jika kamu dapat terbebas darinya akan muncul perilaku menghormati orang lain. Amarah yang menguasai hati dan diri seseorang dapat menyebabkan pikiran tidak jernih. Seseorang yang sedang marah hati dan jiwanya dikuasai oleh emosi.

Pada saat seperti itu perilakunya tidak terkontrol. Amarah yang menguasai hati dan jiwa menyebabkan seseorang melampiaskannya pada apa yang ditemui. Keadaan seperti itu tentu berbahaya karena hati adalah nakhoda tubuh manusia. Gadab atau amarah berpengaruh pada perbuatan tubuh. Misalnya memukul, menendang, menganiaya, bahkan melukai orang lain.

Pengaruh gadab juga dapat terlihat pada lisan. Seseorang yang sedang marah tidak mampu mengendalikan ucapannya. Ia mudah mengejek, mencela, bahkan mencaci maki orang lain. Pengaruh gadab juga dapat ditemukan pada hati. Gadab atau amarah akan menimbulkan kebencian, kebahagiaan jika orang lain mendapat kesulitan, merencanakan kejahatan, dan perbuatan tercela lainnya.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/5-rukun-nikah-dalam-islam-yang-harus-diketahui/