Di abad pertengahan, masa kegelapan eropa, banyak wanita wanita yang dituduh sebagai tukang sihir

Legenda Penyihir Terkenal Di Dunia

Penyihir dan ilmu sihir sudah ada di antara kita sejak ribuan tahun. Dan kebanyakan kaum wanita lah yang sering dituduh sebagai penyihir. Di abad pertengahan, masa kegelapan eropa, banyak wanita wanita yang dituduh sebagai tukang sihir, dan mereka dieksekusi mati, tanpa pengadilan yang adil. Kita tidak pernah tahu wanita mana yang benar-benar tukang sihir dan mana yang tidak, tapi yang jelas adalah, lebih banyak wanita wanita tak bersalah saat itu menemui ajalnya hanya karena cap tukang sihir.

Tukang sihir wanita ada di semua mitos dan legenda di seluruh dunia. Rata-rata mereka digambarkan sebagai wanita yang kecantikannya menggoda, namun adapula yang digambarkan seburuk Iblis. Sahabat anehdidunia.com penulis mempunyai keyakinan bahwa mitos, legenda, dan sejarah ada benang merahnya, sehingga semua yang disebut dewa-dewi oleh mitologi dan semua tokoh legenda kemungkinan adalah manusia juga yang dijadikan teladan atau contoh buruk bagi generasi berikutnya, sehingga lama kelamaan tokoh tokoh itu dianggap dewa oleh generasi setelah generasi-generasi berikutnya. Oleh karenanya penulis memasukkan juga tokoh tokoh mitologi yang diceritakan menguasai sihir.

Meskipun hari ini kita memiliki beberapa petunjuk tentang kehidupan para penyihir paling terkenal di dunia, kita tidak pernah tahu pasti siapa yang benar benar memiliki kekuatan sihir dan siapa yang cuma seorang wanita biasa. Dan mana yang benar benar kisah belaka. Silakan anda memutuskannya sendiri:

1. Calon Arang

Calon Arang adalah seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12. Tidak diketahui lagi siapa yang mengarang cerita ini. Salinan teks Latin yang sangat penting berada di Belanda, yaitu di Bijdragen Koninklijke Instituut.

Diceritakan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. Ia mempunyai seorang puteri bernama Ratna Manggali, yang meskipun cantik, tidak dapat mendapatkan seorang suami karena orang-orang takut pada ibunya. Karena kesulitan yang dihadapi puterinya, Calon Arang marah dan ia pun berniat membalas dendam dengan menculik seorang gadis muda. Gadis tersebut ia bawa ke sebuah kuil untuk dikorbankan kepada Dewi Durga. Hari berikutnya, banjir besar melanda desa tersebut dan banyak orang meninggal dunia. Wabah Penyakit pun muncul.

Raja Airlangga yang mengetahui hal tersebut kemudian meminta bantuan penasehatnya, Empu Baradah untuk mengatasi masalah ini. Empu Baradah lalu mengirimkan seorang muridnya bernama Empu Bahula untuk dinikahkan kepada Ratna. Keduanya menikah besar-besaran dengan pesta yang berlangsung tujuh hari tujuh malam, dan keadaan pun kembali normal.

Calon Arang mempunyai sebuah buku yang berisi ilmu-ilmu sihir. Pada suatu hari, buku ini berhasil ditemukan oleh Bahula yang menyerahkannya kepada Empu Baradah. Saat Calon Arang mengetahui bahwa bukunya telah dicuri, ia menjadi marah dan memutuskan untuk melawan Empu Baradah. Tanpa bantuan Dewi Durga, Calon Arang pun kalah. Sejak ia dikalahkan, desa tersebut pun aman dari ancaman ilmu hitam Calon Arang.

Sumber: https://bugscode.id/

Close
Menu