Elastisitas pendapatan permintaan

Elastisitas pendapatan permintaan

Elastisitas pendapatan permintaan (income elasticity of demand) merupakan varian lain dalam kelompok elastisitas permintaan. Secara teknis elastisitas, didefenisikan  sebagai perubahan jumlah barang yang diminta, dalam persentase, sebagai respon terhadap perubahan pendapatan konsumen, dalam persentase. Maka bisa dibentuk persamaan aljabar:

Elastisitas ini mengukur seberapa besar kenaikan jumlah barang yang diminta sebagai akibat dari kenaikan pendapatan.

Sementara untuk angka elastisitas yang menggunakan pendekatan elastisitas titik (point elasticity) bisa diperoleh melalui formula:

Berbeda dengan elastisitas harga permintaan, elastisitas pendapatan permintaan tidak menngenal istilah elastic maupun tidak elastic. Namun dari sini justru bisa didapatkan kategori suatu barang, yaitu:

Barang inferior, jika E1 < 0

Barang normal, jika 0 ≤ E1 ≤ 1

Barang superior, jika E1 > 1

Barang inferior adalah jumlah barang yang diminta justru berkuranng ketika konsumen mengalami peningkatan pendapatan, barang yang masuk dalam kategori ini adalah barang-barang yang mempunyai kualitas rendah. Barang normal adalah jumlah barang yang diminta naik sejalan dengan kenaikan pendapatan, namun kenaikan barang tersebut maksimum adalah proporsional. Yakni jumlah barang yang diminta naik satu persen jika kenaikan pendapatan satu persen juga. Barang superior adalah jumlah barang yang diminta akan naik dengan persentase yang lebih besar disbanding persentase kenaikan pendapatan, barang sejenis ini juga sering disebut sebagai jenis barang yang luxurious.

Mengenai elastisitas pendapatan islam, mari kita bawa ke dalam fungsi permintaan:

Nilai elastisitas pendapatan adalah satu. Hal ini menunjukkan, bahwasanya barang yang dikonsumsi konsumen muslim adalah barang normal.

  1. Elastisitas berkah permintaan

Secara teknis, elastisitas berkah permintaan didefenisikan sebagai perubahan, dalam persentase, yang terjadi dalam kuantitas dibandingkan dengan perubahan berkah, dalam persentase. Hal ini ditulis dalam bentuk aljabar:

Besarnya elastisitas berkah secara teoritis bisa diturunkan dari kurva permintaan yang ada, yaitu:

Dari hasil yang didapat menunjukkan bahwa elastisitas berkah permintaan adalah positif yang menunjukkan bahwa peningkatan kandungan berkah akan mampu meningkatkan jumlah barang yang dijual.

sumber :

https://theclerisy.net/ocean-sanctuary-apk/

Close
Menu