Fungsi Media Center

Fungsi Media Center

Fungsi Media Center

Fungsi Media Center

a. Pengumpulan, penyaringan, dokumentasi dan penerbitan;
b. Perumusan pembinaan hubungan dengan lembaga resmi dan masyarakat serta publikasi;
d. Perumusan kebijakan fasilitasi pelaksanaan penerangan masyarakat; dan

Media center memiliki tugas pelayanan publik

di bidang informasi pemerintahan ke depan relatif cukup berat, oleh karena di era reformasi dan globalisasi saat ini dibutuhkan kecepatan informasi yang akurat dan profesional. Di lain pihak, masyarakat yang menjadi komunikan sangat heterogen dan sarat dengan berbagai kepentingan, sementara out put dari Puspen sifatnya abstrak tapi memiliki harga sosial yang harus dipertaruhkan.
Tantangan Media Center ke depan, di samping masyarakat Indonesia yang majemuk dengan wilayah yang begitu luas juga faktor Sumber Daya Manusia yang menangani kehumasan dirasakan masih kurang profesional, sehingga ke depan perlu adanya peningkatan profesionalisme kehumasan. Dari kondisi obyektif saat ini kehumasan di lingkungan pemerintahan masih dianggap sebelah mata dan kurang profesional, dengan dukungan peralatan yang terbatas pula.
Media Center tentunya juga memiliki jaringan dengan beberapa media yang merupakan partner sekaligus sebagai mitra kerja dalam menginformasikan kebijakan pemerintah.. Media yang menjadi partner tersebut adalah media cetak, media elektronik baik dalam negeri maupun luar negeri. Di samping itu beberapa penerbitan, dalam bentuk jurnal, warta dan lain-lain juga menjadi bagian dalam kehumasan di lingkungan Media Center. Dan hingga saat ini telah terbina dengan baik dengan prinsip simbiosis mutualistik (saling menguntungkan).
Dalam struktur masyarakat yang pluralistis seperti di Indonesia ini, sangat rentan terhadap konflik, maka gejala konflik yang timbul cenderung bersifat “Centrifugal”, yaitu konflik yang meluas sedemikian rupa dan sulit diisolasi. Masalah-masalah detail yang dapat menimbulkan konflik, harus diantisipasi melalui sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mengalami shock dalam menghadapi situasi yang belum mereka ketahui. Disinilah dituntut profesionalisme Media Center.
Dalam rangka implementasi Good Governance Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya Kantor Infokom, PDE dan Arsip daerah menyikapi dengan cepat tuntutan dari masyarakat, dan kebutuhan perkembangan bidang informasi dan komunikasi (Informatin Technologi Information/ICT). Diantaranya adalah : transparansi, akuntabilitas, responsive.
Close
Menu