gambaran umum pendidikan pada masa Ibnu Taimiyah

Pembahruan Islam oleh Ibnu Taimiyah :

1. Pembahruan di bidang Pendidikan :

Dalam sejarah perkembangan pendidikan Islam banyak bergeser dari dasar filosofisnya. Karena semakin beraganm kultur yang mewarnainya, membawa pendidikan Islam untuk mengarahkan pendidikan pada suatu paham dan kepentingan tertentu.
Kondisi inilah yang mejadi gambaran umum pendidikan pada masa Ibnu Taimiyah. Cirinya antara lain :
· Banyaknya lembaga pendidikan milik pribadi atau lembaga pendidikan umum yang didirikan oleh usaha dan donasi individual.
· Diterapkanya pola snad daam periwayatan hadits , dimana proses belajar sanat bergantung kepada guru.
· Adanya sistem ijazat, diamana para murid memiliki kecenderungan untuk memperoleh sebanyak-banyaknya ijazat yang wewenang pemberian mutlak di tangan guru bukan pada institusi pendidikan yang ada.[15]
2. Pembaharuan dibidang hukum
Metode yang digunakan Ibnu Taimiyah adalah metode salaf bersumber pada Al Quran dan Hadits. Ibnu Taimiyah meletakan hadits sebgai sumber kedua setelah al quran, kemudian disusul oleh Ijma’ (hal dilatar belakangi oleh ucapan Umat bin Khattab “putuskanlah perkara itu menurut hukum yang ada pada kitab Allah, kalau tidak ada dalam sunah Rasul, dan kalau tidak ada putuskanlah berdasarkan hukum yang telah disepakati oleh umat manusia), dan sumber hukum yang terakhir adalah qiyas.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ibnu Taimiyah merupakan pemikir dan pembaharu Islam, tidak banyak yang kontra dengan ide-ide yang beliau cetuskan, namun tidka sedikit pula yang pro dengan apa yang menjadi ide-ide dasar yang akhirnya menjadi pemikiran dan pembaharuan Islam yang beliau bawa.
Dalam makalah ini contoh pembaharuan yang dicetuskan Ibnu Taimiyah adalah dibidang teologi, hukum dan pendidikan.


Sumber: https://scorpionchildofficial.com/

Close
Menu