Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kwitansi

kwitansi

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kwitansi

kwitansi

Hal yang harus diperhatikan saat membuat kwitansi yang nantinya akan digunakan sebagai bukti transaksi yaitu:

  1. Jangan menandatangani kwitansi yang kosong.
  2. Tulis nama lengkap orang yang akan menerima uang itu.
  3. Di akhir deskripsi atau penjelasan Anda harus mengakhiri surat itu. Tujuannya adalah bahwa pernyataan pada tanda terima tidak dapat ditambahkan ke pernyataan lain yang pada gilirannya dapat berpotensi membahayakan.
  4. Tempat dan tanggal harus dekat dengan tanda tangan orang yang akan menerima uang.
  5. Jika penggunaan prangko diperlukan untuk pembuatan dokumen pendukung, tanda tangan harus merujuk pada prangko yang dilampirkan atau dilampirkan.
  6. Anda harus bisa membedakan antara kwitansi dengan nota jual beli.

Cara-cara Pengisian Kwitansi

1. Siapkan Blangko Kwitansi

Jika kamu ingin membuat kwitansi secara manual, kami menyiapkan ruang berkarbonasi. Oleh karena itu, kita hanya perlu menulis sekali dan segera menerima dua kwitansi, satu untuk penerima uang dan yang lain untuk pengiriman sejumlah uang.

Kwitansi karbon biasanya dicetak dalam format tertentu untuk menunjukkan penerimaan uang. Misalnya lembar dalam bentuk nama perusahaan yang dicetak dan beberapa kata atau hanya beberapa baris untuk mengisi informasi yang benar dan jelas.

2. Gunakan Bolpoin Hitam

Tanda terima tertulis dengan tinta hitam diperlukan untuk memastikan validitas atau keaslian tanda terima. Jangan menulis tanda terima dengan pensil atau catatan terang, karena tanda terima ini berfungsi sebagai bukti tagihan jangka panjang.

Kwitansi harus memiliki font yang cukup besar dan jelas sehingga mudah dibaca. Jika Anda menggunakan tanda terima hangus, tekan saat menulis sehingga tulisannya transparan ke lembar tanda terima di bawah ini.

3. Gunakan Blangko Kwitansi Cetakan yang Sudah Ada Nama Perusahaan

Untuk membuat tanda terima yang sah secara hukum, kita harus membubuhkan segel perusahaan atau agen sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di bagian atas atau bawah dari tanda terima. Selain itu, tanda terima tercetak dengan nama dan logo perusahaan yang ada dapat digunakan.

Ini dapat membuktikan kepada pembeli bahwa produk yang dibeli adalah dari perusahaan kami dan dokumen ini akan dijadikan referensi nanti ketika dibutuhkan.

4. Cantumkan Semua Informasi yang Dibutuhkan dalam Kwitansi

Saat kita membuat kwitansi secara manual atau menggunakan formulir yang dapat diunduh dari program komputer, kita harus menyertakan hal berikut:

  • Data penjual terperinci
  • Data pembeli terperinci
  • Tanggal transaksi
  • Data produk terperinci
  • Jumlah uang
  • Metode pembayaran
  • Tanda tangan penjual dan pembeli.

5. Cantumkan Semua Informasi yang Dibutuhkan saat Membuat Kwitansi Pembayaran Sewa

Pembayaran sewa diperlukan untuk penyewa yang membayar tunai atau menggunakan cek untuk mengumpulkan uang yang dihabiskan. Bukti juga diperlukan dari lessor untuk menunjukkan bahwa sewa telah diterima dan memenuhi persyaratan hukum untuk penyewa untuk memberikan bukti kepada penyewa.

Kwitansi juga dikeluarkan sebagai bukti penerimaan pembayaran sewa dan harus memuat poin-poin berikut:

  • Jumlah sewa yang dibayarkan
  • Tanggal pembayaran
  • Nama lengkap penyewa
  • Nama lengkap pemberi penyewa
  • Alamat lengkap properti yang akan disewa
  • Masa sewa dibayar
  • Cara membayar sewa (uang tunai, cek, dll)
  • Tanda tangan penyewa.

6. Unduh Blangko Kwitansi di Internet

Jika Anda ingin menggunakan kwitansi tercetak untuk perusahaan Anda atau perusahaan Anda, gunakan formulir tanda terima yang dapat Anda unduh secara gratis dari Internet. Setelah mencetak struk, cap stempel perusahaan atau agensi sehingga dapat digunakan untuk transaksi sehari-hari.

Sekian artikel tentang Kwitansi ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

 


Pos-Pos Terbaru

Close
Menu