Hikmah Dan Fiosofi Shalat

Hikmah Dan Fiosofi Shalat

Hikmah Dan Fiosofi Shalat

Hikmah Dan Fiosofi Shalat

Ibadah shalat yang merupakan

ibadah teragung dalam islam termasuk ibadah yang kaya dengan kandungan hikmah kebaikan bagi orang yang melaksanakannya. Siapa pun yang mengetahui dan pernah merasakannya mengakui hal itu, oleh karena itu dia tidak akan rela meminggalkannya, sebaliknya orang yang tidak pernah mengetahui akan berkata, untuk apa shalat? dengan nada pengingkaran, diantara hikma-hikma shalat adalah:

Pertama: manusia memiliki dorongan nafsu kepada kebaikan dan keburkan, yang pertama dirumbuhkan dan yang kedua di rem atau dikendalikan. Sarana pengendalian terbaik adalah ibadah shalat. Orang yeng menegakkan shalat adalah orang yang paling minim melakukan kriminal, sebaliknya semakin jauh seseorang dari shalat, semakin terbuka peluang maksiat dan kriminal.

Kedua: seandainya seseorang telah terlanjur terjatuh kedalam kemaksiatan dan hal ini pasti terjadi karena tidak ada manusia yang ma’shum (terjaga dari dosa) selain para Nabi dan Rasul, maka shalat merupakan pembersih dan kaffarat terbaik untuk itu.

Rasulullah saw mengumpamakan shalat lima waktu dengan sebuah sungai yang mengalair di depan pintu rumah salah seorang dari kita, lalu dia mandi di sungai itu lima kali dalam sehari semalam, adakah kotoran ditubuhnya yang masih tersisa.

Ketiga: hiidup manusia tidak tebebas dari ujian dan cobaan, kesulitan dan kesempitan dan dalm semua itu manusia memerlukan pandangan dan pijakan kokoh, jika tidak maka dia akan tersesat dan tidak mampu mengatasinya untuk bisa keluar darinya dengan selamat seperti yang diharapkan, pijakan dan pegangan kokoh terbaik adalah shalat, dengannya seseorang akan menjadi kuat ibarat batu karang yang tidak bergeming di hantam ombak bertubi-tubi.

Keempat: hidup memiliki dua sisi, nikmat atau musibah, kebahagian atau kesedihan. Dua sisi yang menuntut sikap berbeda, syukur atau sabar. Akan tetapi persoalannya tidak mudah, karena manusia memiliki kecenderungan kufur pada saat meraih nikmat dan berkeluh kesah pada saat meraih musibah, dan inilah yang terjadi pada manusia secara umum, kecuali orang-orang yang shalat. Orang yang shalt  akan mampu menyeimbangkan sikap pada kedua keadaan hidup tersebut.


Sumber: https://ppidkabbekasi.id/go-weather-forecast-apk/

Close
Menu