Ini Upaya KCD Wilayah I Tingkatkan APK

Ini Upaya KCD Wilayah I Tingkatkan APK

Ini Upaya KCD Wilayah I Tingkatkan APK

Ini Upaya KCD Wilayah I Tingkatkan APK
Ini Upaya KCD Wilayah I Tingkatkan APK

Kepala KCD Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Asep Sudarsono me­nilai pendidikan jarak jauh

(PJJ) merupakan salah satu solusi un­tuk meningkatkan angka partisi­pasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk itu, ia akan berupaya membuat sistem pendidikan tinggi termasuk PJJ mampu beradaptasi dengan me­rancang terobosan dan program yang seirama dengan per­kembangan zaman.

“Kita akan lakukan. Pertama yang kita lakukan adalah men­dekatkan tempat belajar ke tem­pat tinggal siswa. Karena, masih banyak warga yang putus sekolah, padahal dia masih usia sekolah,” katanya.

Menurutnya, untuk biaya PJJ itu gratis, asalkan peserta didik mau ikut kegiatan belajar

dan mereka akan memiliki ijazah sesuai se­kolah induk. Hanya jam belajar­nya saja yang berbeda. Sebab, dilaksanakan hanya dua kali da­lam seminggu, yaitu Sabtu dan Minggu.

“Tetapi materi pembelajaran sama dengan sekolah formal namun mereka untuk mengisi jam kosongnya

belajar melalui media digital secara online. Ke­mudian untuk peserta didik mayoritas karyawan, dengan jumlah siswa minimal 20 orang dan usia maksimal 21 tahun,” ucapnya.

Dengan begitu, Asep berharap agar warga Kabupaten Bogor yang putus sekolah pada usia sekolah mengikuti PJJ atau SMA Terbuka. Sebab, selain nantinya akan me­miliki ijazah, mereka juga menda­pat wawasan baru untuk mening­katkan SDM dan dapat mencari pekerjaan yang lebih baik dengan ijazah yang sama dengan pendi­dikan formal

 

Sumber :

https://voi.co.id/