Jenis dan Teknik Evaluasi

Jenis dan Teknik Evaluasi

Jenis dan Teknik Evaluasi

Jenis dan Teknik Evaluasi
Jenis dan Teknik Evaluasi
  1. Jenis- jenis evaluasi
  2. Evaluasi Formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan setiap kali selesai mempelajari suatu unit pelajaran tertentu. Bermanfaat sebagai alat penilaian proses belajar mengajar suatu unit bahan pelajarn tertentu. Hal-hal yang berhubungan dengan masalah evaluasi formatif ialah sebagai berikut:

1)   Penilaian dilakukan pada akhir setiap satuan pelajaran,

2)   Penilaian formatif bertujuan sejauh mana tujuan instruksional khusus (TIK) pada setiap satuan pelajaran yang telah dicapai,

3)   Penilaian formatif dilakukan dengan mempergunakan tes hasil belajar, kuesioner, ataupun cara lainnya yang sesuai.

4)   Siswa dinilai berhasil dalam penilaian formatif jika mencapai taraf penguasaan sekurang-kurangnya 75% dari tujuan yang oingin dicapai.

  1. Evaluasi Subsumatif/ Sumatif adalah penilaian yang dilaksanakan setelah beberapa satuan pelajarn yang diselesaikan, dilakukan oleh perempat atau tengah semester. Sedangkan evaluasi submatif ialah penilaian yang dilaksanakan setiap akhir pengajaran suatu program atau sejumlah unit pelajaran tertentu. Evaluasi sumatif bermanfaat untuk menilai hasil pencapaian siswa terhadap tujuan suatu program pelajaran dalam suatu periode tertentu, seperti semerter atau akhir pelajaran.
  2. Evaluasi kokurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang telah dijatahkan dalam struktur program, berupa penugsan-penugasan atau pekerjaan rumah yang menjadi pasangan kegiatan intrakulikuler. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa lebih mendalami dan menghayati apa yang dipelajari dalam kegiatan intrakulikuler.
  3. Evaluasi ekstrakulikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran, yang dilakukan disekolah ataupun diluar sekolah. Kegiatan ini maksudkan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan anatara berbagai mata pelajaran atau bidang pengembangan, menyalurkan bakat dan minat yang menunjang pencapaian tujuan instruksional, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya. Kegiatan ini dilakukan secara berkala pada waktu tertentu.[10]
  4. Teknik Evaluasi

Dalam pelaksanaanya, evaluasi dapat ditempuh melalui dua cara, yaitu teknik tes dan non tes.

  1. Teknik Tes:
  2. Tes tertulis,
  3. Tes lisan, dan
  4. Tes perbuatan.
  5. Teknik Non tes
  6. Angket,
  7. Wawancara/interview,
  8. Observasi, dan
  9. Kuesioner atau inventory.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/

Close
Menu