Jenis – Jenis Manajemen Strategik

Jenis – Jenis Manajemen Strategik

  1. Strategi Korporat

Strategi korporat adalah strategi organisasi yang menspesifikasi bisnis apa yang digeluti atau yang ingin digeluti atau yang ingin dilakukan perusahaan dengan bisnis ini.

Srategi korporat memiliki tiga jenis utama yang pertama yaitu pertumbuhan, strategi koorperasi yang digunakan ketika sebuah organisasi ingin mengembangkan jumlah pasar yang dilayani atau produk yang ditawarkan, baik dengan bisnis yang sudah ada saat ini maupun melalui bisnis baru.

Sebuah perusahan juga mungkin memilih tumbuh dengan menggunakan integrasi vertical, baik backward, forward, maupun keduanya. Dalam intregrasai vertical backward, sebuah organisasi akan menjadi pemasok bagi dirinya sendiri sehingga dapat mengendalikan inputnya.

Dan dalam intregasi ini sebuah organisai menjadi distributor bagi diriya sendiri sehingga mampu mengendalikan outputnya. Dalam intregasi horizontal, sebuah perusahaan tumbuh melalui penggabungan dengan pesaing. Intregasi horizontal telah digunakan oleh sejumlah industry selama beberapa tahun terakhir ini, seperti layanan keuangan, produk konsumen, perusahaan penerbangan, department store, dan piranti lunak.

Terakhir, sebuah organisasi dapat tumbuh melalui diversifikasi, baik yang berhubungan maupun tidak berhubungan, dengan diversifikasi yang berhubungan, sebuah perusahaan bergabung dengan perusahaan lain dengan industry yang berbeda tetapi berhubungan.

Jenis yang kedua adalah stabilitas adalah strategi korporat yang di mana organisasi tetap melakukan apa yang sedang dilakukan saat ini. Dengan jenis strategi ini, organisasi tidak bertumbuh, tetapi juga tidak tertinggal di belakang.

Jenis yang ketiga adalah pembaharuan. Manajer harus mengembangkan strategi yang disebut strategi pembaharuan, strategi ini dipakai perusahaan untuk mengatasi menurunnya kinerja. Dalam strategi pembaharuan ini dibagi menjadi 2 yaitu strategi pengurangan biaya dan strategi pemutarbalikan.

Strategi korporat dapat dikelola dengan menggunakan matriks BCG. Matriks BCG adalah alat analisis bisnis yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempertimbangkan peluang pertumbuhan dengan perencanaan strategis jangka panjang dan meninjau portofolio produk perusahaan tersebut agar dapat mengambil keputusan untuk berinvestasi, mengembangkan atau menghentikan produknya. Matrik BCG ini juga membantu perusahaan dalam menentukan pengalokasian sumber daya dan sebagai alat analisis dalama pemasaran merek, manajemen produk, manajemen strategis dan analisis portofolio.

Sebuah perusahaan dievaluasi dengan menggunakan analisis SWOT dan ditempatkan pada salah satu dari empat kategori.

  • Bintang : Pangsa pasar yang tinggi/Laju perkembangan yang diantisipasi tinggi.
  • Sapi perah : Pangsa pasar yang tinggi/Laju perkembangan yang diantisipasi rendah.
  • Tanda Tanya : Pangsa pasar yang rendah/Laju pertumbuhan yang diantisipasi tinggi.
  • Anjing : Pangsa pasar yang rendah/Laju pertumbuhan yang diantisipasi rendah.

sumber :

 

Close
Menu