Karya Tulis Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Imiah

Karya Tulis Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Imiah

Karya Tulis Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Imiah

Karya Tulis Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Imiah
Karya Tulis Ilmiah, Semi Ilmiah, dan Non Imiah

Karya Tulis

Karya tulis merupakan uraian atau laporan kegiatan, temuan, atau informasi yang berasal dari data primer dan atau data sekunder serta disajikan untuk tujuan atau sasaran tertentu. Informasi tersebut dapat berasal dari data primer, yaitu didapatkan dan dikumpulkan langsung dan belum diolah dari sumbernya seperti melalui pengujian (tes), kuesioner, wawancara, atau pengamatan. Secara umum, karya tulis terdiri atas karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah. Karya tulis ilmiah dapat disajikan secara ilmiah, semi ilmiah, maupun populer.

 

Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang disusun berdasarkan pendekatan dan metode ilmiah (aplikasi dari metode ilmiah) yang ditujukan untuk kelompok pembaca tertentu. Pada umumnya, dalam merencanakan suatu penulisan karya tulis ilmiah perlu mencakup beberapa tahapan seperti pemilihan masalah penelitian, pemgumpulan informasi, pengorganisasian naskah, dan penulisan naskah.

Secara garis besar, karya ilmiah ada yang disusun oleh kalangan masyarakat tertentu seperti laporan dan makalah ilmiah, dan ada yang disusun oleh kalangan masyarakat pendidikan untuk maksud kegiatan pendidikan tertentu seperti penulisan ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi.

  • Laporan

Laporan pada umumnya berkaitan dengan uraian tertulis dari hasil pengalaman langsung yang seringkali digunakan untuk mendapatkan jenjang pendidikan tertentu seperti Diploma atau untuk kegiatan proyek tertentu.

  • Makalah Ilmiah

Makalah ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang disusun berdasarkan informasi, data atau hasil penelitian yang ditujukan untuk golongan tertentu yang biasa digunakan sebagai masukan untuk oleh pembaca untuk mengambil keputusan.

  • Penulisan Ilmiah

Penulisan Ilmiah adalah karta tulis ilmiah yang disusun untuk mengembangkan kemampuan analisis mahasiswa dalam keterampilan tertentu sebagai upaya penerapan pelajaran yang diterimanya.

  • Skripsi

Skripsi adalah karya tulis akademik hasil studi atau penelitian yang ditulis dan disusun secara sistematis berdasarkan metode ilmiah oleh mahasiswa melalui pembimbingnya.

  • Tesis

Tesis adalah karya tulis akademik hasil studi yang dilakukan secara mandiri, karya tulis ini ditulis dan disusun secara sistematis berdasarkan metode ilmiah oleh mahasiswa dibawah para pembimbingnya. Tesis ini bersifat lebih mendalam daripada skripsi.

  • Disertasi

Disertasi adalah karya tulis akademik hasil studi atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan atau menentukan jawaban baru bagi masalah yang sementara telah diketahui jawabannya. Selain itu disertasi juga dapat berisi pengajuan pertanyaan baru terhadap hal yang dipandang telah mapan dibidang ilmu tertentu. Disertasi dilakukan oleh calon Doktor (S3) dan merupakan syarat untuk mendapatkan gelar tersebut.

 

Karya Tulis Semi Ilmiah

Karya tulis semi ilmiah merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya. Karya tulis ini juga merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan dalam kary tulis ini. Karya tulis semi ilmiah biasanya digunakan dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.

Karya Tulis Non Ilmiah

Karya tulis non ilmiah atau sering disebut Fiksi adalah karya tulis ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Satu ciri yang pasti ada dalam tulisan fiksi adalah isinya yang berupa kisah rekaan. Kisah rekaan itu dalam praktik penulisannya juga tidak boleh dibuat sembarangan, unsur-unsur seperti penokohan, plot, konflik, klimaks, setting dan sebagainya.

Karya tulis non ilmiah memiliki variasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum, ditulis berdasarkan fakta pribadi, umumnya bersifat subyektif, gaya bahasanya bias konkret atau abstrak, gaya bahasanya formal dan popular.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/