KONSEP-KONSEP GEOGRAFI

 KONSEP-KONSEP GEOGRAFI

 KONSEP-KONSEP GEOGRAFI

  1. Tempat

Konsep tempat (place) merujuk kepada suatu wilayah di mana orang hidup berada. Dalam analisis geografi, konsep tempat memiliki peran penting karena kedudukan dan konstribusi tempat member banyak arti dan makna bagi manusia serta bagi organisasi lainnya.

  1. Sensus Penduduk

Sensus penduduk merupakan suatu konsep geografi sosial yang jika dilihat dari sejarah aktivitasnya, merupakan salah satu kegiatan statistik tertua dan terluas yang dilakukan oleh pemerintah di seluruh dunia, dahulunya lebih berorientasi untuk taksiran kekuatan militer dan perpajakan.Manfaat sensus sebagai landasan alokasi atau pembagian wilayah administrative .Data sensus digunakan secara luas oleh pemerintah diberbagai Negara untuk mengadakan perencanaan dan pelaksanaan berbagai fungsi pemerintah .

  1. Iklim

Iklim adalah keadaaan rata-rata dari cuaca di suatu daerah dalam periode tertentu, keadaan variasinya dari tahun ke tahun dan keadaan ekstremnya. Unsur-unsur yang menggambarkan keadaan cuaca atau iklim meliputi suhu udara kelembaban udara, angin, curah hujaan dan penyinaran matahari. Biasanya, untuk menggambarkan keadaan iklim, dibuat klafikasi iklim.Klasifikasi iklim yang terkenal didunia adalah klasifikasi coppen dan klasifikasi Thronthwaite .Klasifikasi Iklim menurut Kopen berdasarkan pada curah hujan dan suhu tahunan serta bulanan terdapat lima golongan iklim yaitu:

  1. Iklim tropis penghujan
  2. iklim Kering
  3. Iklim Penghujan bersuhu hangat
  4. iklim hujan salju dingin
  5. Iklim salju kutub

Menurut Thornthwaite yang membagi lima daerah kelembaban dengan Vegetasi karakteristik sebagai berikut :

  1. Daerah basah dengan vegetasi hutan penghujan
  2. Daerah Lembap dengan vegetasi hutan
  3. Daerah setengah lembap dengan vegetasi padang rumput
  4. Daerah setengan kering dengan vegetasi padang rumput luas tanpa pohon.
  5. Daerah kering dengan vegetasi gurun pasir.
  1. Laut

Laut diartikan sebagai keseluruhan massa air yang saling berhubungan, mengelilingi semua sisi daratan di bumi. Laut yang besar dinyatakan sebagai samudera (lautan) .

Pos-Pos Terbaru

Close
Menu