Macam-macam Hukuman

  Macam-macam Hukuman

Hukuman dalam hukum pidana islam dapat dibagi menjadi beberapa bagian, dengan meninjaunya dari beberapa segi. Dalam hal ini ada lima penggolongan.

  1. Ditinjau dari segi pertalian antara satu hukuman dengan hukuman yang lainnya, hukuman dapat dibagi kepada empat bagian yaitu:
  2. Hukuman Pokok (‘Uqubah Ashliyah)

Yaitu hukuman yang ditetapkan untuk jarimah yang bersangkutan sebagai hukuman yang asli, seperti hukuman qishash untuk jarimah pembunuhan, hukuman dera seratus kali untuk jarimah zina, atau hukuman potong tangan untuk jarimah pencurian.

  1. Hukuman pengganti (‘Uqubah Badaliyah)

Yaitu hukuman yang menggantikan hukuman pokok, apabila hukuman pokok tidak dapat dilaksanakan karena alasan yang sah, seperti hukuman Diat (denda) sebagai pengganti hukuman qishash atau hukuman Ta’zir sebagai pengganti hukuman Had atau hukuman qisash yang tidak bisa dilaksanakan.

  1. Hukuman Tambahan (‘Uqubah Taba’iyah)

Yaitu hukuman yang mengikuti hukuman pokok tanpa memerlukan keputusan secara tersendiri, seperti larangan menerima warisan bagi orang yang membunuh orang yang akan diwarisnya, sebagai tambahan untuk hukuman qishash atau diat, atau hukuman pencabutan hak untuk menjadi saksi bagi orang yang melakukan jarimah qadzaf (menuduh orang lain berbuat zina), disamping hukuman pokoknya yaitu jilid (dera) 80 kali.

  1. Hukuman Pelengkap (‘Uqubah Takmiliyah)

Yaitu hukuman yang mengikuti hukuman pokok dengan syarat harus ada keputusan tersendiri dari hakim dan syarat inilah yang membedakannya dengan hukuman tambahan. Contohnya seperti mengalungkan tangan pencuri yang telah dipotong dilehernya.

baa juga :

Close
Menu