Macam-macam Variabel Penelitian

Macam-macam Variabel Penelitian

  1. Variabel Independent

Variable ini sering disebut variable stimulus, predictor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut variable bebas. Variabel bebas adalah merupakan variable yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variable dependen (terikat). Contohnya : Pengaruh Therapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan.

  1. Variabel Dependen

Sering disebut sebagai variable output, criteria, konsekuen. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variable tertikat. Variable terikat merupakan variabel ynag dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variable bebas. Misalnya : Pengaruh Therapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan.

  1. Variabel Moderator

Variabel moderator adalah variable yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variable independen dengan dependen. Variable tersebut juga sebagai variable independen kedua.

Contoh hubungan Variabel Independen – Moderator – Dependen :

Hubungan motivasi (bebas) dan prestasi belajar (terikat) akan semakin kuat bila peranan dosen dalam menciptakan iklim/lingkungan (moderator) belajar sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan dosen kurang baikdalam menciptakan iklim belajar.

  1. Variable Intervening

Variabel intervening adalah variable yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variable independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Variable ini merupakan variable penyela/antara yang terletak diantara variable independen, sehingga variable independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variable dependen.

Contoh :

Tinggi rendahnya penghasilan (bebas) akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap umur (terikat) harapan hidup. Di sini ada varaibel antaranya yaitu yang berupa Gaya Hidup seseorang (intervening). Antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu Budaya Lingkungan Tempat Tinggal (moderator).

  1. Variabel Kontrol

Variabel control adalah variable yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variable independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti. Variable control sering digunakan oleh peneliti, bila akan melakukan penelitian yang besifat membandingkan.

Contoh :

Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Penguasaan Keterampilan terhadap Penguasaan Keterampilan Pertolongan Persalinan

Variabel Bebasnya adalah Metode Pembelajaran, misalnya Metode Ceramah & Metode Demonstrasi. Sedangkan Variabel Kontrol yangditetapkan adalah sama, misalnya Standard Keterampilan sama, dari kelompok mahasiswa dengan latar belakang sama (tingkat/semesternya sama), dari institusi yang sama. Dengan adanya Variabel Kontrol tersebut, maka besarnya pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Penguasaan Keterampilan Pertolongan Persalinan dapat diketahui lebih pasti.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/

Close
Menu