Manfaat Baik Internet

Manfaat Baik Internet

Manfaat Baik Internet

Manfaat Baik Internet
Manfaat Baik Internet

Internet secara fisik

dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node dapat berupa komputer, jaringan lokal, atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antarsimpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) berupa media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, dan radio link) maupun satelit.

Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan, serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan, atau bertukar informasi di internet.

Secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan, internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet, seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik, dan sebagainya.

Kebanyakan informasi yang terdapat di internet ditempatkan di halaman-halaman web (webpage) yang dirangkaikan menjadi sebuah situs web (website) yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan, pribadi, atau instansi penyedia jasa, seperti bidang jasa pendidikan, kesehatan, hiburan, ekonomi, dan lain-lain.

Halaman web tersebut merupakan file-file yang ditulis dengan kode-kode yang disebut dengan kode HTML. Kode HTML tersebut dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program yang disebut dengan Browser.

Browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Ada banyak sekali browser-browser sekarang ini, namun yang paling banyak digunakan adalah Netscape navigator, Opera, dan Internet Explorer.

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet.

a. Sebagai sumber data dan informasi

Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Siapa saja yang terhubung ke internet dapat mengakses informasi itu. Misal nya informasi untuk kehidupan pribadi, seperti kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani, dan sosial.

Informasi untuk kehidupan profesional atau pekerjaan, misalnyasains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan berbagai forum komunikasi.

b. Sebagai sarana pertukaran data dan informasi

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi, atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya.

Dengan kelebihan ini internet dimanfaatkan untuk memperoleh informasi melalui kerja sama antarpribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Baca Juga:

Close
Menu