Pelayanan Publik

Pelayanan Publik

Pelayanan Publik

Pelayanan Publik
Pelayanan Publik

Sebelum kita membahas tentang keterkaitan pelayanan publik dengan insinyur teknik mesin, sebaiknya kita tahu betul dengan pelayanan publik.

Menurut Wikipedia, pelayanan publik atau pelayanan umum dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mendefinisikan pelayanan publik sebagai berikut: Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Unsur-unsurPelayanan Publik

Pelayanan Publik Seorang Teknik Mesin
• Industri otomotif

Terdapat empat unsur penting dalam proses pelayanan publik, yaitu (Bharata, 2004:11):

]   Penyedia layanan, yaitu pihak yang dapat memberikan suatu layanan tertentu kepada konsumen, baik berupa layanan dalam bentuk penyediaan dan penyerahan barang (goods) atau jasa-jasa (services).

     Penerima layanan, yaitu mereka yang disebut sebagai konsumen (costomer) atau customer yang menerima berbagai layanan dari penyedia layanan.

     Jenis layanan, yaitu layanan yang dapat diberikan oleh penyedia layanan kepada pihak yang membutuhkan layanan.
    Kepuasan pelanggan, dalam memberikan layanan penyedia layanan harus mengacu pada tujuan utama pelayanan, yaitu kepuasan pelanggan. Hal ini sangat penting dilakukan karena tingkat kepuasan yang diperoleh para pelanggan itu biasanya sangat berkaitan erat dengan standar kualitas barang dan atau jasa yang mereka nikmati.

Karakteristik

Ada lima karakteristik yang dapat dipakai untuk membedakan ketiga jenis penyelenggaraan pelayanan publik tersebut, yaitu:

1         Adaptabilitas layanan. Ini berarti derajat perubahan layanan sesuai dengan tuntutan perubahan yang diminta oleh pengguna.

2         Posisi tawar pengguna/klien. Semakin tinggi posisi tawar pengguna/klien, maka akan semakin tinggi pula peluang pengguna untuk meminta pelayanan yang lebih baik.

3         Type pasar. Karakteristik ini menggambarkan jumlah penyelenggara pelayanan yang ada, dan hubungannya dengan pengguna/klien.

4         Locus kontrol. Karakteristik ini menjelaskan siapa yang memegang kontrol atas transaksi, apakah pengguna ataukah penyelenggara pelayanan.

5         Sifat pelayanan. Hal ini menunjukkan kepentingan pengguna atau penyelenggara pelayanan yang lebih dominan.

Seorang insinyur teknik mesin dapat bekerja dalam hal desain dan pengembangan, pengujian, proses produksi, atau perawatan. Insinyur yang bekerja di pabrik, memiliki peran mengawasi proses produksi, menentukan penyebab kerusakan alat, dan menguji produk untuk menjaga kualitas. Selain itu, seorang insinyur juga memperkirakan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek. Dalam bidang penjualan, seseorang dengan latar belakang insinyur bertugas membantu perencanaan, instalasi, dan penggunaan produk.

Dalam pekerjaannya, insinyur dapat menggunakan komputer secara ekstensif. Komputer digunakan untuk merancang dan menganalisa desain, simulasi dan pengujian kerja mesin, struktur, atau sistem. Insinyur juga menggunakan komputer untuk memantau kualitas produk dan menjaga efisiensi proses.

Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

  • Meningkatkan penerapan iptek dan penerapan hasil- hasil penelitian dan teknologi tepat guna pada masyarakat melalui kerjasama dengan masyarakat.
  • Melakukan pembinaan pada masyarakat melalui penyuluhan-penyuluhan
  • Mengadakan pelatihan kepada mahasiswa dalam penulisan proposal Pengabdian (PKMM) agar mampu berkompetisi ditingkat nasional.

Jenis Profesi Bidang Teknik Mesin 

Lapangan pekerjaan sarjana Teknik Mesin sangat luas, selain dapat bekerja dalam bidang-bidang industri dan produksi juga dapat bekerja pada bidang lainnya. Beberapa lapangan pekerjaan bagi lulusan Teknik mesin antara lain:

  • Minyak bumi dan gas
  • Industri maritim
  • Industri berat dan ringan
  • Pendidikan pengajaran dan penelitian
  • Pegawai di berbagai instansi pemerintah dan swasta.

Dan pada dasarnya, semua perusahaan yang dikelola oleh negara adalah perusahaan yang terdapat hajat besar masyarakat. Jadi setiap perusahaan tersebut pasti memegang peran besar terhadap pelayanan masyarakat.

Berikut adalah beberapa kelompok daftar badan usaha milik negara Indonesia:

o    Pertambangan dan penggalian

o    Industri pengolahan

o    Pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin

o    Pengadaan air, pengelolaan sampah, dan daur ulang, pembuangan pembersihan limbah dan sampah

o    Perdagangan besar dan eceran; reparasi dan perawatan mobil dan motor

o    Transportasi dan pergudangan

o    Informasi dan komunikasi

o    Jasa profesional, ilmiah dan teknis

o    Patungan minoritas

 

Sumber: https://www.kuliahbahasainggris.com/