pemuda islam ideal

“GERAKAN PEMUDA ISLAM (APS & HIZBULLAH)”

PENGERTIAN HIZBULLAH

Hizbullah adalah sebuah organisasi semi-militer bentukan Jepang yang beranggotakan para pemuda khususnya pemuda Islam. Dalam bahasa Jepang organisasi ini disebut dengan nama Kaikyo Seinen Teishinti. Hizbullah sendiri berasal dari bahasa Arab yang jika diarikan kedalam bahasa Indonesia berarti ‘Tentara Allah’.

LATAR BELAKANG MUNCULNYA HIZBULLAH
Dalam Perang Asia Timur Raya posisi Jepang yang bersekutu dengan blok Sentral semakin terdesak. Jepang tidak dapat menahan laju invasi kekuatan militer tentara Sekutu yang memiliki persenjataan dan tentara yang jauh lebih banyak daripadanya. Keadaan tersebut akhirnya memicu Jepang untuk menambah kekuatan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah merencanakan pembentukan pasukan cadangan sebanyak 40.000 orang (yang juga terdiri dari para pemuda Islam). Dimana pasukan cadangan atau tambahan tersebut ingin ia peroleh dari pemuda-pemuda yang berasal dari tanah jajahan untuk dilatih kemiliteran dan siap maju ke medan perang.
Rencana Jepang tersebut menyebar cepat di tengah-tengah masyarakat dan segera disambut positif oleh para tokoh-tokoh Masyumi (sebuah organisasi Islam sebagai pengganti MIAI yang dibubarkan Jepang karena dianggap membahayakan), pemuda Indonesia dan pihak lainnya.
Bagi Jepang, pasukan ini ditujukan agar dapat digunakan untuk membantu mereka dalam memenangkan perang Asia Timur Raya melawan Sekutu. Sedangkan bagi Masyumi dan rakyat Indonesia sendiri, kesempatan ini sebenarnya digunakan untuk mendapatkan pengetahuan militer bagi para pemuda Indonesia khususnya pemuda Islam dalam rangka persiapan menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia.
Maka sehubungan dengan itu, pemimpin-pemimpin Masyumi pun mengusulkan kepada Jepang untuk membentuk pasukan sukarelawan yang khusus terdiri dari para pemuda Islam. Pihak Jepang pun menyetujuinya karena memang tidak mengetahui maksud tersembunyi yang ada dibelakangnya. Hingga kemudian dibentuklah Hizbullah (tentara rakyat) pada tanggal 14 Oktober 1944 di Jakarta.
Pelatihan pertama kali diselenggarakan di Cibarusa, Bogor, Jawa Barat dengan diikuti sekitar 500 orang pemuda muslim yang berasal dari 25 karesidenan di Jawa dan Madura. Pelatihan ini dilakukan di bawah pengawasan seorang Perwira Jepang bernama Yamagawa dengan dibantu sejumlah instruktur dari perwira PETA selama 3,5 bulan. Dalam hal ini terdapat dua versi lain,ada yang menyebutkan Hizbullah dibentuk seperti yang telah dipaparkan diatas. Ada pula yang menyebutkan bahwa pembentukan Hizbullah dilakukan pada tanggal 15 Desember 1944. Sementara pelatihan yang dilakukan di Cibarusa hanya berlangsung selama 2 bulan.

Pos-Pos Terbaru

Close
Menu