Pendekatan Historis

Pendekatan Historis

     Sejarah atau historis adalah suatu ilmu yang di dalamya dibahas berbagai peristiwa dengan memperhatikan unsure tempat, waktu, obyek, dan pelaku peristiwa.[19]

     Pendekatan sejarah sangat penting dalam memahami agama, karenaagama itu turun dalam situasi yang konkret bahkan berkaitan dengan kondisi social masyarakat. Kita mengenal banyak kosep, baik konnsep abstrak maupun konsep konkret. Konsep tentang Allah, malaikat, akhirat, merupakan suatu konsep abstrak. Sementaraitu dibutuhkan suatu konsep konkret seperti: tentang dhua’fa (orang lemah), orang kafir, penguasa, serta koruptor-koruptor. Melalui pendekatan sejarah ini seseorang diajak untuk memahami  dan memasuki keadaan yang sebenarnya berkenaan tentang suatu peristiwa.

  1. Pendekatan Psikologis

    Psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang dapat diamati. Menurut Zakiah Darajat, bahwa perilaku seseorang yang Nampak lahiriyah terjadi karena pengaruh keyakinan yang di amutnya. Seseorang ketika berjumpa saling mengucapkan salam, hormat kepada orang tua merupakan gejala keagamaan yang dapat dijelaskan melalui ilmu jiwa. Dalam ajaran agama islam banyak kita jumpai istilah-istilah yang menggambarkan sikap batin seseorang. Misalnya sikap beriman dan bertaqwa kepada Allah, sebagai orang saleh, itu gemerupakan gejala-gejala yang berkaitan dengan agama.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/

Close
Menu