Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat
Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Manajemen Kepegawaian

Manajemen Kepegawaian (Personel Management) ialah proses pengolahan pegawai mulai dari perekrutan atau rekruitmen sampai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) semoga pegawai memperlihatkan kontribusi besar pada forum dalam mencapai tujuan individu, forum dan masyarakat. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ialah sebuah sistem isu manajemen yang berfungsi mengelola data, manajemen dan manajemen kepegawaian dari suatu instansi, sekolah tinggi tinggi maupun perusahaaan.

Tujuan Manajemen Kepegawaian

Tujuan manajemen kepegawaian yaitu untuk mencapai tujuan forum atau tubuh perjuangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Tujuan tersebut sanggup berupa hasil, produk maupun produksi. Oleh lantaran itu, tujuan ini disebut juga dengan tujuan yang berorientasi pada hasil atau production oriented.

Kegiatan dalam manajemen kepegawaian, diantaranya:

  • Pengadaan sumbar daya manusia, rekruitmen dan seleksi, orientasi dan penempatan pegawai.
  • Pengembangan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, konseling, pembinaan dan pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan dalam aktivitas dan lain sebagainya
  • Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan pemensiunan.
  • Tujuan penerapan sistem isu manajemen kepegawaian yaitu mewujudkan suatu sistem isu manajemen yang berintegrasi dalam jaringan komputer yang bisa menghasilkan isu bermutu guna menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi/perusahaan.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Manfaat adanya sistem isu manajemen kepegawaian ini diataranya yaitu:

  • Mendapatkan isu pegawai yang cepat dan akurat
  • Mempermudah pembuatan laporan
  • Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan menerima kenaikan honor berkala
  • Memudahkan pekerjaan yang bekerjasama dengan kepegawaian menyerupai angka kredit pegawai
  • Mempermudah pemantauan pembagian cuti
  • Mempermudah pengelolaan beban kerja pada pegawai
  • Mempermudah presensi dan kontribusi honor pegawai
  • Mempermudah prekrutan pegawai
  • Dapat merencanakan penyebaran pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya
  • Dapat merencanakan kebutuhan pegawai

Fungsi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Fungsi sistem isu manajemen kepegawaian, diantaranya yaitu:

  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji dengan sempurna waktu dan akurat
  • Menyediakan isu pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai
  • Menghasilkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
  • Menjamin kualitas dan keterampilan sumber daya manusia
  • Membantu kelancaran pekerjaan dalam bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
  • Memperbaiki produktivitas sumber daya insan dalam perusahaan

 

Baca Artikel Lainnya: