Pengertian Manajemen Strategik

Pengertian Manajemen Strategik

Apa yang dilakukan manajer untuk mengembangkan strategi organisasi. Ini merupakan tugas penting yang melibatkan semua fungsi manajemen dasar meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.

2.2      Pentingnya Strategi Manajemen

Pentingnya strategi manajemen dalam sebuah perusahan adalah untuk membedakan seberapa baik kinerja suatu organisasi, karena sebuah organisasi yang menggunakan manajemen strategi mempunyai tingkat kinerja yang lebih tinggi. Mengharuskan manajer memeriksa dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis. Manajer disemua jenis dan ukuran organisasi atau perusahaan menghadapi situasi yang berubah.

Terlebih sekarang lingkungan bisnis berada di era globalisasi, dimana kebutuhan konsumen sulit untuk diprediksi. Sehingga manajer dituntut untuk memeriksa atau mengevaluasi factor – fakor yang relevan dan memutuskan tindakan apa yang harus diambil..

Mengkoordinasikan unit organisasi yang beragam, membantu mereka fokus pada tujuan utama organisasi. Sebagai contoh di suatu perusahaan memiliki karyawan sebanyak 2.200 yang dimana mereka memiliki sifat dan keahlian yang beragam. Sehingga manajemen strategik diperlukan untuk mengoordinasi dan memfokuskan pekerja agar fokus pada tujuan organisasi.

Sangat terlibat dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Karena disetiap permasalahan yang timbul di sebuah lingkungan bisnis memerlukan sebuah strategi agar mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik. Terlebih sekarang berada di era globalisasi, dimana persaingan dalam hal bisnis terlalu ketat. Sehingga memerlukan strategi yang tepat pula.

sumber :

https://henri-bienvenu.com/alpha-beta-apk/

Close
Menu