PENJELASAN TENTANG TEORI EKONOMI MODERN

PENJELASAN TENTANG TEORI EKONOMI MODERN

PENJELASAN TENTANG TEORI EKONOMI MODERNPENJELASAN TENTANG TEORI EKONOMI MODERN

                 Ekonomi modern

berkembang setelah semakin meluasnya perdagangan bebas atau perdagangan secara global di seluruh negara di dunia. Teori klasik dijadikan sebagai ilmu dasar bagi negara-negara di dunia untuk menjalankan perdagangan global di dunia ekonomi ini. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan produksi yang dihasilkan oleh setiap negara di dunia yang saling berlomba untuk memenuhi kebutuhan pasar. Seorang tokoh ekonomi yang bernama Heckscher- Ohlin, mengemukakan pendapatnya mengenai perkembangan perekonomian yang sedang berlangsung yaitu:.

  1. Perdagangan antar negara yang terjadi yang mereka sering disebut dengan perdagangan internasional, pada prinsipnya sama dengan perdagangan yang terjadi antar daerah. Yang membedakannya adalah jarak yang ditempuh dan waktu yang diperlukan sehingga Heckscher-Ohlin berpendapat bahwa ongkos transportasi dalam perdagangan internasional dapat diabaikan.
  1. Perdagangan internasional tidak mengembangkan keuntungan alami. Artinya, barang-barang yang diperdagangkan tidak mengambil keuntungan, tapi lebih memikirkan faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang-barag tersebut. Setiap negara memiliki faktor produksi yang berbeda. Yang termasuk faktor produksi adalah tanah atau lahan, tenaga kerja, dan modal. Untuk memproduksi suatu barang diperlukan kombinasi dari faktor-faktor produksi sehingga Heckscher-Ohlin berpendapat bahwa negara akan menghasilkan suatu produk atau barang dengan menggunakan faktor produksi yang relatif banyak dengan catatan harga faktor produksi relatif murah sehingga barang yang dihasilkan dapat dijual dengan harga yang relative murah pula. Beliau juga berpendapat bahwa dengan mengutamakan produksi dan ekspor barang dengan menggunakan faktor produksi yang relatif banyak, maka harga dari faktor produksinya akan naik.

Tugas Ilmu Ekonomi Modern Tugas utama dari ilmi ekonomi modern adalah meliputi beberapa tugas, yaitu:

–        Mengorelasi, yaitu menentukkan dan mengukur antara hubungan faktor-faktor ekonomi yang ada.

–        Menguraikan, yaitu menyebutkan dan menjelaskan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk melangsungkan hidupnya dan menjelaskan bagaimana cara mengatasi permasalahan perekonomian di suatu negara.

–        Menganalisis, yaitu menyelediki dan mencari penyelesaian dari semua permasalahan perekonomian yang terjadi dalam suatu negara.

–        Menerangkan, yaitu menyampaikan kepada masyarakat tentang ilmu ekonomi modern ini dapat menjadi penyelesaian permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh suatu negara. Tugas yang kedua adalah bahwa kita harus mempelajari prinsip-prinsip ekonomi yang dapat menerangkan kepada kita bagaimana produktivitas dapat dipertahankan atau dikembangkan pada tingkat tinggi, dan bagaimana cara standar kehidupan manusia dapat dibuat lebih tinggi. Tugas lainnya mengikir atau mengikis pandangan-pandangan kuno dalam ilmu ekonomi.

                 Teori ekonomi modern telah mendekatkan ilmu pengetahuan dengan kenyataan. Jika kita tidak menginginkan terjadinya stagnasi, depresi, kemunduran atau pengangguran di suatu negara, maka kita perlu mengenal faktor-faktor yang menimbulkan keadaan kemunduran tersebut. Dalam teori yang dikemukakan oleh Keynesian dalam Neo- Keynesian, terdapat pengetahuan-pengetahuan yang kita butuhkan. Teori Neo-Keynesian berhubungan dengan menjaga stabilitas perekonomian. Teorinya juga menerangkan tentang cara mengatasi fluktuasi ekonomi dan teori yang berhubungan dengan pertumbuhan dan pendapatan. Teori ini disebut neo karena teori-teori tersebut telah mengalami pembaharuan berdasarkan penelitian-penelitian empiris yang terbaru. Teori Neo- Keynesian dikembangkan oleh beberapa tokoh, di antaranya:

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/

 

Close
Menu