Penyebab Jerawat yang tak Terduga

Penyebab Jerawat yang tak Terduga

1. Ponsel

Terlalu banyak berbicara di ponsel mungkin dapat menyebabkan jerawat yang bahkan jadi bahan pembicaraan Anda. Meletakan ponsel di pipi dan bahu saat tidak memegangnya dengan tangan menyebabkan minyak menumpuk di daerah tersebut. Minyak ini dapat menyebabkan jerawat, ditambah dengan bakteri yang sudah ada di ponsel. Maka sebaiknya Anda membersihkan ponsel Anda secara rutin dengan pembersih khusus, serta tidak menggunakan ponsel pada satu sisi tubuh saja.

2. Produk perawatan rambut

Produk perawatan rambut dapat membuat rambut lembut dan bercahaya, namun ternyata dapat menjadi penyebab jerawat bagi wajah Anda. Produk ini terbuat dari bahan dasar minyak, yang apabila terkena wajah yang menambah minyak di wajah Anda. Terutama saat tidur, mungkin Anda tidak sadar, namun rambut Anda pasti mengenai wajah Anda, terlebih ketika Anda mengusapnya dengan tangan yang kotor. Oleh karenanya, ada baiknya teliti memilih produk perawatan rambut dan selalu menyentuh wajah dengan tangan yang bersih.

3. Pasangan

Ketika Anda mencium pasangan, bisa saja produk-produk yang dipakainya malah menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah Anda. Berbagi bantal yang sama juga salah satu penyebabnya. Maka, mintalah pasangan Anda untuk mengganti produk yang ia gunakan menjadi produk yang bebas minyak atau produk non-comedogenic.

4. Pasta gigi

Flouride dan sodium lauryl sulfate dalam pasta gigi dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Jika Anda sudah melakukan perawatan pada kulit Anda namun belum juga membuahkan hasil, maka cobalah tilik komposisi dari pasta gigi Anda.

5. Air

Air yang mengandung banyak mineral ketika digunakan untuk mencuci wajah biasanya akan meninggalkan residu mineralnya di kulit. Lapisan inilah yang menutup pori-pori sehingga menimbulkan jerawat bahkan eksim. Maka pastikan air Anda bukan air dengan kandungan mineral yang tinggi.
Close
Menu