Phylum Porifera

Phylum Porifera

Phylum Porifera

Phylum Porifera

Porifera berasal dari kata porus

yaitu lubang-lubang kecil dan fera yaitu mengandung. Jadi, porifera berarti hewan yang memiliki pori. Porifera adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana.


Sebagian besar jenis hewan “ Porifera ” ini hidup di laut, namun hanya sebagian saja yang hidup di air tawar. Untuk hewan Porifera ini memiliki ciri utama yaitu tubuhnya yang berpori-pori, bentuknya seperti vas bunga, pipih atau bercabang dan melekat di dasar air.


Pada fungsi pori-pori ini sebagai tempat untuk masuknya air yang mengandung bahan makanan ke dalam tubuh. Untuk bagian rangka luar hewan ini terdiri atas spikula yang tersusun dari zat kapur dan zat kersik.

Porifera ini merupakan salah satu hewan yang menyusun terumbu karang, hewan ini banyak terdapat di air laut ada yang hidup sendiri ( soliter ) dan ada juga yang berkoloni. Hewan berpori ( Porifera ) yang hidup di air dangkal seperti di kolam atau aliran sungai ialah Spongillidae.

Contoh hewan yang Porifera yaitu :

  • Leucosolenia
  • Euplectella
  • Dan Spongilla

Ciri-ciri umum filum Porifera

Porifera merupakan hewan metazoan paling sederhana. Tubuh terdiri atas banyak sel. Bentuk tubuhnya seperti tabung atau jambangan yang berpori dan di dalamnya terdapat rongga tubuh. Rongga tubuh demikian disebut spongosol.


Filum Porifera biasa hidup di laut, mulai dari daerah perairan pantai yang dangkal hingga daerah kedalaman 5,5 km. Tubuhnya melekat pada suatu dasar dan tidak dapat berpindah tempat (sesil).


  • Ciri-ciri morfologinya antara lain:
  1. Tubuhnya berpori (ostium)
  2. Tubuh porifera asimetri (tidak beraturan), meskipun ada yang simetri radial.
  3. Berbentuk seperti tabung, vas bunga, mangkuk, atau tumbuhan.
  • Ciri-ciri anatominya antara lain:
  1. Memiliki tiga tipe saluran air, yaitu askon, sikon dan leukon (ragon)
  2. Pencernaan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit

Baca Juga :

Close
Menu