PR, Peningkatan Minat Baca

PR, Peningkatan Minat Baca

PR, Peningkatan Minat Baca

PR, Peningkatan Minat Baca
PR, Peningkatan Minat Baca

Sekretasis Daerah (Sekda) Jawa Barat, Iwa Karniwa menilai minat baca di Provinsi Jawa Barat masih terbilang rendah jika dibanding derah lainnya. Untuk itu, dia meminta Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Jawa Barat bisa lebih meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Iwa pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepala Dispusipda Jawa Barat. Sebelumnya, jabatan kepala Dispusipda diisi Soni S Adi Sudarma sebagai Pelaksana Tugas (Plt) yang sekarang digantikan Taufiq Budi Santoso.

Iwa menuturkan, sebagai tugas awal dirinya meminta agar kepala dinas yang baru dilantik

menganalisis tingkat minat baca di masing-masing kabupaten yang ada di Jawa Barat. Hal tersebut dinilai penting untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan serta agar dapat mengetahui cara meningkatkan minat baca di Jawa Barat.

”Saya akan evaluasi tiap tiga bulan atau enam bulan sekali, apakah tugas yang dibebankan ada peningkatan,” kata Iwa di Gedung Dispusipda Jawa Barat (24/02).

Meski dengan segala keterbatasan yang ada, baik secara insfratruktur dan superstruktur, Iwa juga meminta agar kepala Dispusipda mampu mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta bisa menunjang untuk mendongkrak percepatan minat baca secara efisien dan efektif.

Menurutnya, Dispusipda Jawa Barat harus memiliki terobosan dalam melakukan sosialisasi

kepada masyarakat agar minat baca bisa terus meningkat. Terobosan baru tersebut, bisa dilakukan dengan cara menyosialisasikan literasi melalui media daring (online) maupun media masa elektronik seperti radio dan televisi. ”Sehingga apa yang sudah ditugaskan, diharapkan bisa segera direspon dengan baik dan bisa meningkat secara signifikan,” kata dia.

Iwa mengungkapkan, minat baca dinilai penting karena akan mendorong masyarakat Jawa Barat menjadi lebih cerdas. Menurutnya, jika minat baca meningkat, maka akan berdampak terhadap masyarakat dalam mengatasi masalah kemiskinan, pengangguran serta kesehatan di Jawa Barat. ”Jadi ini yang paling pokok, makanya saya hadir secara pribadi karena ini sangat penting,” kata dia.

Kepala Dispusipda Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso menilai ada beberapa pokok yang harus dilakukan

dalam meningkatkan minat baca di Jawa Barat. Menurutnya, akses masyarakat terhadap perpustakaan dan buku adalah hal yang juga harus lebih ditingkatkan. ”Tidak hanya buku yang tersedia diperpustakaan tapi juga bagaimana masyarakat punya akses melalui ebook, misalnya,” kata Taufiq.

Menurutnya, perpustakaan serta buku-buku yang terdapat di Dispusipda Jawa Barat sudah terbilang baik. Namun, dirinya mengakui masih ada langkah yang harus dilakukan yaitu menyosialisasikan kepada masyarakat agar mau mengakses perpustakaan daerah tersebut.

 

Sumber :

https://egriechen.info/