Proses Pembuatan SIM

Proses Pembuatan SIM

  • Singkat Tentang SIM

SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh POLRI kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahamin peraturan lalu lintas dan terampilmengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan (Pasal 77 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009).

SIM di Indonesia terdapat 2 jenis (Pasal 77 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009) :

  1. Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Perseorangan
  2. Surat Izin Mengemudi Kendaraan Bermotor Umum

Golongan SIM  Perorangan berdasarkan Pasal 80 UU No. 22 Tahun 2009:

  1. SIM A , untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perorangan dengan                                          jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 2500 kg
  2. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3500 kg.
  3. SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1000 kg.
  4. SIM C, untuk mengemudikan sepeda motor.
  5. SIM D, untuk mengemudikan kedaraan khusus bagi penyandang cacat.

Golongan SIM Umum berdasarkan pasal 82 UU No. 22 Tahun 2009:

  1. SIM A Umum, untuk mengemudikan kendaraan bermotor umumdan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3500 kg.
  2. SIM B1 Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3500 kg.
  3. SIM B2 Umum, untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1000 kg.
  • Permasalahan

Permasalahan ini diambil dari informasi yang didapat dari beberapa orang yang pengalaman saat membuat SIM dan ada juga informasi diambil dari internet, tentang proses pelayanan dalam pembuatan SIM, sebagai berikut:

Salah satu contoh saat Pembuatan SIM C (Sepeda Motor)

baca jgua :

Close
Menu