Proses Pengisian Data untuk SNMPTN Diperpanjang

Proses Pengisian Data untuk SNMPTN Diperpanjang

Proses Pengisian Data untuk SNMPTN Diperpanjang

Proses Pengisian Data untuk SNMPTN Diperpanjang
Proses Pengisian Data untuk SNMPTN Diperpanjang

Proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

2018 diperpanjang hingga Senin (12/2). Semula pengisian, finalisasi, dan verifikasi PDSS dijadwalkan berakhir pada Sabtu, (10/2).

Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Husni Friady mengatakan, perpanjangan pengisian PDSS ini dilakukan setelah pihaknya menerima pemberitahuan dari Panitia Pusat SNMPTN pada Jumat (9/2).

Perpanjangan ini dilakukan karena masih banyak sekolah yang belum melakukan finalisasi data PDSS.

Secara umum kendala yang dihadapi pihak sekolah seperti lupa password, perubahan akreditasi, hingga Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

“Ada beberapa permasalahan yang dihadapi sekolah dalam pengisian data PDSS, sehingga panitia memperpanjang waktu pengisian,” kata Husni di Banda Aceh, Sabtu (10/2).

Husni menyebutkan, berdasarkan data Panitia Pusat SNMPTN 2018 tercatat sebanyak 8.224 sekolah SMA sederajat belum mengisi PDSS. Jumlah terbanyak ditemukan di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten. Sementara untuk Aceh, terdapat 165 sekolah dari 892 sekolah.

“Pihak sekolah harus memanfaatkan waktu perpanjangan ini dengan maksimal untuk menyelesaikan pengisian dan finalisasi data,” tuturnya.

Dia menjelaskan, PDSS merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi setiap sekolah untuk

mendaftarkan siswanya di jalur SNMPTN. Jika tidak mendaftar, otomatis kesempatan siswa untuk diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN akan sia-sia.

Pihak sekolah yang mengalami kesulitan selama pengisian PDSS diminta untuk melapor ke Panitia Pusat atau menghubungi call center SNMPTN 08041450450 atau www.halo.snmptn.ac.id.

Selain itu, sambung Husni, para siswa yang telah melakukan verifikasi di PDSS agar memperhatikan dengan sungguh-sungguh jadwal pendaftaran SNMPTN yang akan dimulai pada 21 Februari hingga 6 Maret mendatang.

“Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, masyarakat dipersilakan mengakses www.snmptn.ac.id dan www.pmb.unsyiah.ac.id,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor Unsyiah Samsul Rizal telah mengingatkan dan meminta kepala sekolah SMA sederajat untuk segera mengisi PDSS. Pasalnya angka atau persentasenya masih terbilang rendah.

Samsul mengatakan, jadwal pengisian dan verifikasi PDSS telah dimulai sejak 13 Januari lalu dan berakhir pada 10 Februari mendatang. Namun data yang masuk ke panitia sampai saat ini persentasenya masih rendah, sehingga hal ini harus menjadi perhatian pihak sekolah.

“Jika sampai batas waktu yang ditentukan sekolah belum mengisi data PDSS, maka para siswa tidak bisa mengikuti seleksi SNMPTN,” jelasnya.

 

Sumber :

https://balad.org/resensi-adalah/