Rancangan Pembelajaran

  1. Rancangan Pembelajaran

Dalam tahap perencanaan, para guru model dalam Lesson Study menyusun RPP yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Perencanaan diawali dengan kegiatan menganalisis kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran, seperti: kompetensi dasar, cara membelajarkan peserta didik, mensiasati kekurangan fasilitas dan sarana belajar, dan sebagainya, sehingga dapat ketahui berbagai kondisi nyata yang akan digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Selanjutnya, secara bersama-sama pula dicarikan solusi untuk memecahkan segala permasalahan ditemukan. Kesimpulan dari hasil analisis kebutuhan dan permasalahan menjadi bagian yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan RPP, sehingga RPP menjadi sebuah perencanaan yang benar-benar sangat matang, yang didalamnya sanggup mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung, baik pada tahap awal, tahap inti sampai dengan tahap akhir pembelajaran.

Sebelum pelaksanan Lesson Study saya dan teman-teman satu jurusan mengadakan plan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke guru pamong masing-masing terkait pelaksanan Lesson Study yang akan dimulai pada Jumat, 28 September 2016 di kelas II jam 08.10 – 09.20 WIB. Dalam pelaksanaan Plan dosen pembimbing lapangan hadir. Selanjutnya, saya berkonsultasi tentang materi yang akan disampaikan pada lesson study kemudian Beliau memberikan kesempatan pada saya untuk memilih materi yang akan disampaikan yaitu Pembelajaran 5 sub tema 1 tema 3 Tugasku sehari-hari di rumah. Saya lebih memilih materi Pembelajaran 5 sub tema 1 tema 3 Tugasku sehari-hari di rumah karena materi  ini saya anggap tidak begitu sulit dan dalam materi ini ber KI KD yang mana dalam hal ini keaktifan peserta didik sangat dibutuhkan sehingga pembelajaran dapat menarik.

Saat plan berlangsung, perencanaan perangkat pembelajaran yang mencangkup RPP, bahan ajar, dan media pembelajaran semua dikoreksi oleh guru pamong. Ada beberapa yang disuruh untuk revisi terlebih dahulu sebelum pelaksaan Lesson Study.

  1. Pelaksanaan Proses Pembelajaran

            Pada tahapan yang kedua, terdapat dua kegiatan utama yaitu: (1) kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model, dan (2) kegiatan pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota atau komunitas Lesson Study yang lainnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tahapan pelaksanaan, diantaranya:

  1.  Guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun bersama.
  2. Peserta didik diupayakan dapat menjalani proses pembelajaran dalam setting yang wajar dan natural, tidak dalam keadaan under pressure yang disebabkan adanya program Lesson Study.

sumber :

https://ronzoniglutenfree.com/nitro-racing-go-apk/

Close
Menu