Roti Bagelen Salah Satu Roti Favorit Keluarga Indonesia

Roti Bagelen Salah Satu Roti Favorit Keluarga Indonesia

Roti Bagelen Salah Satu Roti Favorit Keluarga IndonesiaRoti Bagelen Salah Satu Roti Favorit Keluarga Indonesia

Roti Bagelen merupakan salah satu jenis roti yang cukup banyak penggemarnya.

Roti dengan aneka bentuk tapi bercita rasa sama. Yaitu manis, gurih dan garing.

Saat pertama kali mendengar jenis roti ini, saya pikir ini salah satu roti produksi luar negeri. Karena jarang menemukannya di toko biasa. Paling sering itu di toko kue Kartika Sari, Bandung. Ya, ketika jalan-jalan ke Bandung.

Karena saya menyukai roti ini. Maka mencari tahulah saya tentang roti ini. Ternyata, roti bagelen itu berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Bagelen sendiri diambil dari nama daerah di sana tempat asal roti ini di buat.

Sedangkan ide awal terciptanya roti bagelen, tak lain dan tak bukan hasil ngepek alias melihat kebiasaan orang-orang Belanda dalam mengolah makanan.

Jadi, orang-orang Belanda itu ketika memakan Warmbollen atau bagelen basah dan tidak habis. Tidak lantas dibuang begitu saja. Warmbollen itu mereka oven atau panggang sampai kering agar tak berjamur. Karena bisa dimakan lagi keesokan harinya.

Hal itulah yang menginspirasi orang-orang pribumi untuk membuat roti sejenis. Sangat kreatif sekali. Dan sangat wajar, mengingat puluhan tahun bangsa kita dijajah oleh Belanda. Tentu kebiasaan mereka mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi terekam jelas oleh masyarakat.

Adapun bentuk dan model roti Bagelen bermacam-macam. Ada yang bulat, lonjong dan lebar. Tetapi satu yang menjadi ciri khasnya. Yakni garing.

Dalam perjalanannya, hasil produksi roti bagelen ini mulai dikenal dan menyebar ke daerah lain. Dengan berbagai variasi tetapi tetap satu nama, Roti Bagelen.

Roti Bagelen sangat enak dinikmati dengan secangkir teh tawar hangat. Karena rasa rotinya sudah terasa manis. Tetapi jika ingin memakannya begitu saja juga bisa. Bebas saja. Karena setiap kita memiliki cara sendiri untuk menikmati kebahagiaan. Meski itu dengan secangkir teh hangat.

 

Sumber: https://rakyatlampung.co.id/asus-luncurkan-vivobook-bersistem-operasi-endless-os/

 

Close
Menu