Sejarah Logo

Sejarah Logo

Sejarah Logo

Sejarah Logo
Sejarah Logo

Logo sudah dikenal sejak pusat peradaban di Mesir dan Mesopotamia berkembang. Biasanya, berupa koin atau emblem kerajaan. Penemuan dan teknik baru pembuatan logo terus berkembang. Mulai segel silinder (2300SM), koin(600SM), lambing, cap air, emblemperak, dan pengembangan tehnologi percetakan.
Revolusi Industri yang telah mengubah masyarakat agraris menjadi masyarakat industry membawa bayak perubahan dalam teknik fotografi dan litografi.
Fotografi berkaitan dengan seni membuat dan merekayasa foto, sedangkan litografi adalah metode percetakan pada permukaan halus menggunakan batu (batu gaping khusus) atau pelat logam.

Perubahan ini memberikan kontribusi pada industry periklananyang mengintegrasikan tipografi dan gambar pada satu kesatuan. Yang dimaksud tifografi dalam hal ini adalah teknik dan seni penyusunan huruf, desain huruf, serta modifikasi huruf gambar. Secara simultan, perubahan dalam teknik fotografi dan litografi juga berpengaruh pada revolusi bentuk dan ekspresi pada tipografi.
Pertumbuhan dan persaingan industry memaksa setiap perusahaan mencari promosi yang efektif. Hal ini menyebabkan konsultan dan biro periklanan terus tumbuh dan menyeluruh. Sejak 1950, modernisasi membuat arah pembuatan logo sebagai sebuah pergerakan seni yang menjadi senjata bagi desainer logo.

Jenis & Tipe Logo

Pada masa awal perkembangannya, pembagian jenis logo tidaklah serumit sekarang. Mula-mula logo hanya berupa bentuk yang tak terucapkan seperti gambar, yang dibuat oleh perajin untuk lambang kerajaan. Seiring denganberkembangnya jaman, logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan kerajaansaja, melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di pasar. Dibawah ini adalah jenis-jenis logo:

Only Logo

Adalah logo yang diambil dari sebuah nama, dengan menggunakan gaya grafiskhusus. Logo jenis ini memberi ketegasan dan pesan langsung kepada konsumen. Contoh logo jenis ini seperti pada produk sandang karya perancang ternama YvesSaint Laurent, produk elektronik Sony, Toshiba, Panasonic, produk kamera Nikon,Leica, Yashica, peralatan fotokopi Xerox, dan lain-lain.

Symbol Logo

Yaitu logo yang terdiri dari nama perusahaan atau produk dengan gayatipografis yang berkarakter kuat, tersusun atas bentuk-bentuk grafis seperti oval,lingkaran atau kotak. Sebagai contoh adalah logo Ford, Du Pont, Hertz dan banyaklagi. Kelebihan jenis logo ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan fleksibelkarena jenis logo seperti ini mampu berdiri sendiri.

Letter Logo

Yaitu logo yang menggunakan huruf awal (inisial) dari nama produk atauperusahaan dan menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut. Logo jenis ini terkadang menunjukkan gabungan nama pemilik perusahaan seperti logoprodusen hardware komputer Hewlett-Packard. Selain contoh diatas banyak contohlain seperti logo Bank BCA, IBM, RCTI, dan lainnya.

Associative Logo

Yaitu logo yang berdiri bebas yang biasanya tidak memuat nama produk atauperusahaan, tetapi memiliki asosiasi langsung dengan nama, produk atau wilayahaktifitasnya. Sebagai contoh logo perusahaan pembuat pesawat terbangAerospatiale, logonya terdiri dari kalimat Aerospatiale yang membentuk bola planetyang dengan jelas memperlihatkan jangkauan aktifitasnya yakni penerbangan, logoperusahaan minyak Shell yang menunjukkan gambar kerang sebagai asosiasi dari Komunikasi Visual

Sumber : https://bingo.co.id/

Close
Menu