Sistem Pelayanan Informasi Pada Internet

Sistem Pelayanan Informasi Pada Internet

Sistem Pelayanan Informasi Pada Internet

Sistem Pelayanan Informasi Pada Internet
Sistem Pelayanan Informasi Pada Internet
Konsep sistem pelayanan jaringan pada internet sebagian besar bekerja dengan menggunakan menggunakan konsep client-server. Mekasinme client-server ini adalah suatu pogram client mengirimkan permintaan (request) kepada server untuk melakukan suatu tugas, misalnya dalam pencarian informasi. Server akan melakukan tugas yang diperlukan oleh client dan setelah selesai, hasil informaasinya akan dikirimkan kepada client.

Dengan cara ini maka dapat dilakukan pendistribusian proses secara efisien ke beberapa mesin yang berbeda. Pada sisi pemakai menggunakan program aplikasi client untuk suatu jenis layanan (service), yang akan mengirimkan permintaan ke server tertentu yang berada pada lokasi yang berbeda. Pada konsep client-server ini tidak bergantung pada jenis komputer yang digunakan, karena konsepnya adalah pada tingkatan layanan aplikasi yang dapat bekerja diatas protokol TCP/IP.

Dengan kata lain, pemakai disisi client tidak perlu mengetahui jenis komputer server apa yang diakses, apa sistem operasinya, dimana lokasi komputernya dan bagaimana cara memproses informasinya. Pemakai hanya menggunakan suatu program aplikasi dan meminta layanan kepada server yang diketahui alamat logikanya saja di jaringan internet.

Begitu pula sebaliknya, dokumen aplikasi akan tampil pada client sesuai dengan kemampuan komputer client. Pembuat dokumen aplikasi tidak bergantung pada platform komputer user yang beraneka ragam. Dengan cara inilah internet menghasilkan suatu mekanisme client-server yang heterogen. Progarm pada server tidak bergantung pada program client, begitu pula sebaliknya.

Ada banyak layanan aplikasi internet untuk pencarian informasi yang sering digunakan oleh pemakai, seperti halnya gopher, archie, WAIS, ftp dan sebagainya. Namun layanan yang cukup berkembang saat ini dan telah populer dikalangan pemakai jaringan internet adalah WWW (World Wide Web), atau biasa disingkat dengan web, bekerja dengan menggunakan teknologi yang disebut hypertext, yang kemudian dikembangkan menjadi suatu protokol aplikasi yang disebut HTTP (Hyper Text Transfer Protokol). Dengan adanya fasilitas ini dapat menjadikan web sebagai salah satu apliksi yang paling luwes untuk menjelajahi internet dalam mengakses informasi dalam beragam bentuk seperti text, grafik, suara, animasi, video, dan sebagainya