SUSUNAN DAN ANCANGAN YANG DIGUNAKAN DALAM BUKU INI

SUSUNAN DAN ANCANGAN YANG DIGUNAKAN DALAM BUKU INI

      Buku ini disusun menurut suatu urutan tertentu yang diperkirakan merupakan sebuah urutan logis di mata orang-orang yang untuk pertama kalinya akan pergi ke lapangan dalam rangka melakukan pemetaan geologi. Pertama-tama, buku ini akan menjelaskan berbagai peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pemetaan. Kedua, akan diperkenalkan berbagai tipe peta geologi. Berikutnya akan dibahas berbagai jenis peta topografi yang dapat digunakan sebagai peta dasar. Selanjutnya akan dijelaskan berbagai metoda yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi suatu singkapan pada peta. Terakhir akan disajikan beberapa saran yang dapat dilaksanakan apabila peta topografi untuk daerah penelitian belum tersedia.

      Tiga bab berikutnya membahas berbagai metoda dan teknik pemetaan geologi, termasuk penjelasan singkat mengenai geologi foto (photogeology) dan pemakaian peta lapangan. Selain itu ditekankan pula manfaat sebuah benda yang sering diabaikan, yakni buku catatan lapangan.

      Tiga bab terakhir dari buku ini membahas berbagai hal mengenai “pekerjaan di atas meja”, termasuk beberapa pekerjaan yang dilaksanakan di pangkalan kerja lapangan. Dalam bab-bab itu akan dipaparkan metoda-metoda pembuatan penampang geologi dan diagram lain yang akan membantu penafsiran, termasuk pembuatan “egg-crate” model untuk memvisualisasikan tatanan struktur yang kompleks. Pada kesempatan yang sama akan diajukan sejumlah saran yang dapat dilakukan untuk mem-buat “salinan” peta lapangan dan berbagai gambar yang dapat dimasukkan ke dalam laporan geologi karena peta geologi sendiri seringkali bukan merupakan tujuan akhir dari seluruh kegiatan pemetaan. Tujuan akhir dari kegiatan pemetaan adalah menjelaskan geologi daerah pemetaan. Peta geologi hanya merupakan salah satu bagian dari keseluruhan proses pemetaan. Untuk itu, kita seringkali perlu membuat sebuah laporan sebagai produk dari keseluruhan rangkaian kegiatan pemetaan. Dalam Bab 10 akan dipaparkan sejumlah petunjuk untuk membuat laporan geologi. 

Ancangan yang digunakan dalam penyusunan buku ini adalah ancangan praktis. Ini merupakan buku “bagaimana cara melakukannya” dan menghindarkan hal-hal yang terlalu teoritis. Topik-topik yang bersifat teoritis seperti itu dapat ditemukan dalam buku lain. Tujuan penyusunan buku ini adalah menjelaskan kepada pembaca apa yang dapat dilakukan di lapangan untuk mengumpulkan bukti-bukti yang akan menjadi dasar penyusunan berbagai kesimpulan mengenai tatanan geologi daerah pemetaan.

 

Sumber :

https://fgth.uk/

Close
Menu