TEMUAN MASALAH DALAM PELAYANAN PUBLIK

TEMUAN MASALAH DALAM PELAYANAN PUBLIK

TEMUAN MASALAH DALAM PELAYANAN PUBLIK

TEMUAN MASALAH DALAM PELAYANAN PUBLIK

  1. Pengurusan Pajak STNK 5 Tahunan dan Ganti Plat Nomor
  • Singkat Tentang STNK

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat /pengesahan STNK oleh 3 instansi: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT jasa Raharja.

STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe,  jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder,warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPK, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan. Masa berlaku STNK adalah 5 tahun dan setiap perpanjangan STNK kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.

  • Permasalahan

Kasus Pertama

Permasalahan ini diambil dari pengalaman pribadi saat memperpanjang Pajak STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor di SAMSAT X. Ada beberapa persyaratan perpanjang STNK 5 tahunan, diantaranya:

  1. STNK asli + Fotocopy
  2. Fotocopy BPKB
  3. KTP Asli +Fotocopy
  4. Cek Fisik Kendaraan

Ada juga cara penghitungan Pajak Kendaraan Bermotor:

  1. BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
  2. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.
  3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Alur sumbangan ini dekelola langsung oleh Jasa Raharja.
  4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Kendarran baru tidak dikenakan, tapi untuk berganti plat nomor atau biasa disebut biaya pajak 5 tahunan dan jika anda balik nama maka akan dikenakan biaya ADM.
  5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.

Langkah-langkahnya, seperti berikut ini:

–       Menyiapkan kelengkapan persyaratan yang terdiri dari STNK Asli+Fotokopi, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Asli +Fotokopi dan KTP Pemilik Asli.

–       Setelah memiliki kelengkapan persayaratan, kemudian mendaftarkan ke Loket I pendaftaran dengan menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan pajak STNK.

–       Petugas menerima berkas tersebut dengan menggantikan slip pendaftaran yang bertuliskan Rp….,- sebagai pembayaran pendaftaran.

sumber :
https://mitramandirisejahtera.co.id/seva-mobil-bekas/

Close
Menu