Tips Memotret dengan Smartphone

Tips Memotret dengan Smartphone

Tips Memotret dengan Smartphone

Tips Memotret dengan Smartphone
Tips Memotret dengan Smartphone

Smartphone saat ini menjadi benda utama yang dibawa ke mana saja. Bukan hanya fungsinya sebagai alat komunikasi, tapi saat ini menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotret.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemampuan kamera smartphone semakin bertambah. Kamera smartphone pun kini semakin canggih dengan hasil gambar yang tidak kalah bagusnya dengan gambar yang dihasilkan kamera SLR.

Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera smartphone terkadang masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera, namun juga mungkin karena tidak mengetahui cara penggunaannya dengan baik.

Berikut ini tips untuk mengoptimalkan kemampuan kamera smartphone agar memiliki hasil seperti kamera profesional yang memuaskan.

 

PENCAHAYAAN

Beberapa kamera smartphone kelas menengah seperti Xiaomi Redmi note 5 dan Vivo V9. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan slider pengatur pencahayaan, saat cahaya kurang gelap, tombol slider pengatur cahaya tersebut dapat digeser agar cahaya menjadi lebih gelap, begitu juga sebaliknya. Atur sesuai kebutuhan anda.

Slider pengatur pencahayaan ini akan membuat hasil fotomu jauh lebih baik dibanding biasanya. Slider ini yang akan membuat hasil fotomu seperti memakai kamera profesional.

 

 

 

FOKUS

Setelah mengatur pencahayaan, yang diatur kemudian adalah fokus. Kamera smartphone saat ini sudah bisa membuat foto menjadi bokeh, di mana fokus pada satu objek dan objek di belakang menjadi blur. usahakan untuk pemotret diam sejenak saat sedang memotret agar hasil memuaskan.

Bagi anda yang ingin memotret diri sendiri tapi tidak ada orang lain yang mengambil, atau mungkin lelah saat pengambilan video yang terlalu lama, bisa menggunakan alat yang satu ini.

 

 

MEMANFAATKAN FITUR HDR

HDR itu sendiri merupakan kepanjangan dari “High Dynamic Range”. Pengambilan HDR terbilang cukup lama dibanding mode normal , oleh karena itu cara memanfaatkan fitur HDR ini pun harus dilengkapi dengan tripod tadi , agar si hp tidak gerak gerak dan hasil memuaskan.

 

ANGLE

Angle merupakan hal yang terpenting pada seni memotret ini. Setiap angle foto yang kita pilih akan berdampak secara signifikan dalam foto yang kita hasilkan nantinya. So jadi pilihlah angle yang sesuai dan wajar.

 

HINDARI MENGGUNAKAN ZOOM DIGITAL

Tanpa disadari, banyak pengguna smartphone yang menggunakan zoom digital saat mengambil foto. Dengan mengandalkan zoom, hasil foto pun akan terlihat kurang detail. Ini dikarenakan lensa smartphone tidak memiliki kemampuan untuk memperbesar dan menjaga kualitas foto di saat yang sama.

Demikian tips lengkap buat kamu yang tertarik menjadikan smartphonemu sebagai senjata handal untuk memotret.

 

Sumber : https://ngelag.com/