Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, OS Pakai Android Wear dan Baterai 570 mAh

Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, OS Pakai Android Wear dan Baterai 570 mAh

Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, OS Pakai Android Wear dan Baterai 570 mAh

 

Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, OS Pakai Android Wear dan Baterai 570 mAh
Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, OS Pakai Android Wear dan Baterai 570 mAh

Berbarengan dengan Mi CC9 Pro, Xiaomi juga memperkenalkan Mi Watch dalam sebuah acara di Beijing, Cina. Ini sekaligus menandai kehadiran smartwatch pertama dari Xiaomi, setelah meluncurkan empat generasi berturut-turut seri Mi Band yang fokus pada fitness tracker sejak 2014 lalu.

Smartwatch pertama Xiaomi ini terbilang istimewa bukan hanya karena kaya fitur, tetapi juga karena Xiaomi memiliki reputasi yang menarik. Ya! Seperti yang kita tahu, Xiaomi begitu sukses menciptakan banyak produk yang berkaitan dengan IoT alias Internet of Things.

Namun satu hal yang cukup disayangnya, Xiaomi tidak malu-malu untuk menyalin Apple Watch terkait dengan desain Mi Watch yang ditawarkan. Meski begitu, itu bukan sesuatu hal yang buruk. Apple Watch adalah salah satu jam tangan pintar terbaik yang tersedia di pasaran saat ini dan mengambil inspirasi dari yang terbaik, selalu pertanda baik.

Ya! Desain Mi Watch bukan asli, mari kita lihat lebih dekat bodi jam tangan pintar ini. Smartwatch ini tiba dengan layar sentuh berbentuk persegi yang dilindungi kaca safir. Mi Watch memiliki layar melengkung AMOLED berukuran 1,78 inci dengan 326 ppi. Bagian belakang smartwatch ini terbuat dari keramik.

Ada mahkota di sebelah kanan yang dapat digunakan untuk berselancar melalui antarmuka alias user interface. Selain mahkota, ada juga tombol multifungsi dan juga mikrofon di sisi kanan. Di sebelah kiri, pengguna akan menemukan lubang mikrofon lainnya bersama dengan lubang speaker.

Mi Watch dikatakan memiliki bodi paduan alumunium dengan lapisan matte, tetapi memiliki kurva yang lebih tajam ketimbang Apple Watch. Di bagian bawah, pengguna akan menemukan pin untuk dock pengisian daya dan sensor untuk memonitor detak jantung.

Bergeser ke bagian tali alias strap, Xiaomi menawarkan tali yang dapat dilepas dan terbuat dari karet fluoro yang

 

diklaim ramah kulit dan anti-alergi. Ada banyak pilihan warna yang ditawarkan, termasuk warna Putih, Biru, Perak, dan Hitam. Yang perlu diperhatikan, tali jam tangan pintar ini menyisipkan branding Mi dalam warna hitam metalik.

Nah! Di dalam tubuh smartwatch ini Xiaomi menyisipkan chipset Snapdragon Wear 3100 4G yang punya empat core Cortex-A7 dan memiliki clock speed 1,2 GHz. Salah satu hal yang juga menarik dari Mi Watch adalah catu dayanya. Ya! Smartwatch ini telah dibekali baterai berkapasitas 570 mAh.

Sebagai perbandingan, jam tangan seperti Huawei Watch GT 2 (46mm), Galaxy Watch Active 2 (44mm), atau bahkan Apple Watch 5 hanya datang dengan baterai 455 mAh, 340 mAh, dan 296 mAh. Xiaomi mengklaim bahwa Mi Watch dapat bertahan hingga 36 jam atau hingga dua hari dengan sekali pengisian daya.

Datang sebagai smartwatch modern, tentu saja Xiaomi juga melengkapi Mi Watch dengan berbagai fitur menarik seperti NFC, Bluetooth 4.2, Wi-Fi (n), GPS, motor getaran independen, dan speaker yang cukup besar. Sama seperti jam tangan pintar kelas atas tahun 2019, Mi Watch juga mendukung eSIM.

Tak kalah mengejutkan, Xiaomi juga mengadopsi platform Wear OS kepunyaan Google. Namun seperti halnya

 

smartphone yang dikembangkan oleh Xiaomi, Wear OS yang berjalan pada Mi Watch juga akan disesuaikan dengan MIUI-nya. Tentu saja, Xiaomi juga akan menawarkan beragam watch face yang bisa dipilih oleh pengguna.

Terlepas dari fitur fitness tracker yang biasa ditemukan pada perangkat wearable, Mi Watch sudah dibekali dengan pemantauan detak jantung, VO2 Max, pemantauan tidur dan pemantauan energi di dalam tubuh. Dalam video promosinya, Xiaomi mengonfirmasi bahwa Mi Watch juga aman dipakai untuk berenang.

Didukung oleh platform Wear OS, jam tangan pintar ini juga juga akan hadir dengan toko aplikasi bawaan. Ya! Dijanjikan akan ada lebih dari 40 aplikasi yang dioptimalkan untuk jam tangan baru ini. Berkat dukungan NFC, Mi Watch juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di Cina.

Penasaran dengan harganya? Mi Watch dibanderol seharga 1.299 Yuan atau sekitar Rp2,6 juta. Ya! Dijual perdana di Cina, konsumen yang tertarik untuk membeli jam tangan ini bisa mulai melakukan reservasi pada tanggal 5 November 2019. Selanjutnya, jam tangan pintar ini akan mulai dijual pada tanggal 11 November 2019.

Sama seperti Mi CC9 Pro, Xiaomi juga menawarkan Mi Watch edisi eksklusif yang disokong dengan layar kaca safir,

 

bodi dipoles stainless steel dan tali juga terbuat dari stainless steel. Edisi eksklusif ini terlihat jauh lebih premium daripada yang biasa dan akan dijual seharga 1.999 Yuan atau sekitar Rp4 juta.

Sumber:

https://pitchengine.com/danuaji/2020/03/08/advanced-tools-pro/002518186565032130513

Close
Menu